Tomohon Gelar Latihan Kesiap Siagaan Menghadapi Bencana

Tomohon Gelar Latihan Kesiap Siagaan Menghadapi Bencana

Tomohontempo-Mengantisipasi ancaman bencana gunung api di wilayah Sulut khusunya di kota Tomohon, Pemda dan TNI serta elemen masyarakat direncanakan menggelar pelatihan kesiap siagaan menhadapi bencana. Mengingat beberapa waktu lalu, gunung berapi Lokon (Tomohon) dan Soputan (Minahasa) dalam pantauan serius pengawas gunung berapi Sulut.

Tak pelak, Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu Farid Ruskanda Bina memandang perlu melakukan penelitian lanjutan tentang dampak dan ancaman bencana alam yang pernah terjadi di wilayah Sulut guna merumuskan langkah-langkah penanganan.

Dia mengatakan, penelitian lanjutan terkait ancaman yang terjadi perlu dilakukan mengingat karakteristiknya berbeda dari daerah lainnya di tanah air.

Dengan menggelar kesiap-siagaan menghadapi bencana khususnya ancaman letusan gunung berapi adalah langkah yang tepat dalam penelitian lanjutan tersebut.

Diakuinya, terkadang daerah yang tinggi ancaman bencana memiliki pesona alam sangat luar biasa seperti di Tomohon dan daerah di Sulut. Namun jika masyarakatnya tidak bersahabat dengan alam, maka ancaman akhirnya tak bisa dimanfaatkan dan menjadi membahayakan serta menimbulkan bencana skala besar.

Dengan pelatihan kesiap siagaan tentunya adalah sebagai salah satu langkah strategis untuk menyamakan persepsi dan pengetahuan berbagai komponen masyarakat tentang bencana alam serta dampak yang ditimbulkannya. Kegiatan dengan melibatkan ahli geologi dan TNI serta pemda diyakini bermanfaat untuk mengumpulkan data terkait dengan ancaman, upaya pencegahan dan kesiap siagan terhadap bentuk ancaman atau bahaya.

“Tujuannya agar dapat meningkatkan pemahaman terhadap resiko yang terjadi, serta identifikasi permasalahan dalam menghadapi ancaman bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Artinya kesiap siagaan kita dalam menghadapi bencana dapat menekan jatuhnya korban yang besar. Sesuai rencana pelatihan kesiap siagaan menghadapi bencana akan dilangsungkan Senin (27/11) besok sekitar pukul 08.00 pagi,” tandasnya. (tor)

Tags: , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses