Buang Sampah di TPA Regional Bebankan Pemkot Manado

Buang Sampah di TPA Regional Bebankan Pemkot Manado
ist

Manadotempo, Manado-Pemkot Manado merasa keberatan dengan adanya wacana angka tipping fee atau biaya jasa pengelolaan sampah yang nanti akan dikenakan di TPA Regional Iloilo Minut.

Kadis Lingkungan Hidup Yohanis Waworuntu melalui Lieke Kembuan Kasi Penanganan dan Pengurangan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Manado mengungkapkan keberatan dengan angka tipping fee.

Kota Manado rata rata memproduksi sampah sekitar 300 ton per hari, jika mengikuti hitungan itu maka Pemkot Manado harus menyediakan dan Rp 23 juta per hari untuk tipping fee

Belum lagi,  Pemkot juga harus menyediakan dana untuk pekerja kebersihan, biaya maintainace alat, bahan bakar dan biaya lainnya

Tak pelak, Pemkot tidak akan melepas semua sampahnya ke TPA artinya sampah diolah dulu. Pemkot Manado akan berdayakan TPA sementara di tiap kecamatan agar mengurangi sampah ke TPA Regional, karena mengingat tipping fee yang besar.

Begitu pula Bank sampah di Kelurahan di Kelurahan – Kelurahan akan diberdayakan lagi. ” Ada 25 Bank sampah yang aktif hanya 10,” katanya.(tor)

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses