DLH Manado Pastikan Awasi Ketat Limbah Medis Setiap Rumah Sakit

DLH Manado Pastikan Awasi Ketat Limbah Medis Setiap Rumah Sakit

Manadotempo-Membakar sampah medis ditempat terbuka jelas tidak dibenarkan dan diatur dalam aturan Kementerian LH.

Pemkot Manado melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) pun sempat menegur keras pihak rumah sakit umum (RSU) RD Kandou, karena membakar sampah sampah medis berbahaya di tempat terbuka.
Kepala DLH Manado, Hanny Waworuntu, di Manado menegaskan, tidak dibenarkan membakar sampah B3 di tempat terbuka, karena ada aturan khusus untuk pengelolaan limbah B3 di fasilitas kesehatan.
“Aturan tentang hal tersebut jelas dalam P.56/Menlhk-Setjen/2015, sehingga mengacu pada aturan tersebut, maka pihaknya memberikan teguran keras pertama dan terakhir, kepada RSU RD Kandou. RSU Kandou diharuskan memusnahkan limbah B3 di incenerator serta di “autoclav” untuk wadah plastik yang dipakai, juga kami haruskan membuat tempat pembuangan sampah sementara untuk B3,” jelas Waworuntu.
Pengalaman tersebut pun Waworuntu mengaku akan melakukan pengawasan setiap rumah sakit yang ada di kota Manado.
Dia meminta aga rumah sakit yang ada di Manadp untuk memperbaiki incenerator yang cerobongnya rendah, supaya ditambah tingginya agar supaya tidak mencemari lingkungan.
Waworuntu juga mengatakan, pihaknya merekomendasikan untuk membuat adendum Amdal, karena ada aturan baru yang belum masuk yakni tentang autoclav dan TPS B3 dengan batas waktu yang ditetapkan.
Intinya lanjut mantan Kadis Perhubungan Kota Manado ini, supaya tidak mencemari lingkungan umum, dan tidak membahayakan masyarakat.
“Dinas lingkungan hidup manado akan melakukan pengawasan ketat terhadap pemusnahan sampah medis oleh rumah sakit manapun sehingga tidak akan membahayakan lingkungan dan mahluk hidup,” tandas Waworuntu. (tor)

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses