Cerdas Command Centre Pemkot Manado Jadi Perhatian Dunia

Cerdas Command Centre Pemkot Manado Jadi Perhatian Dunia

Manadotempo, Manado- Memasuki minggu ke dua tahun 2018 ini, CERDAS COMMAND CENTRE (C3) telah mencuri perhatian dengan prestasi yang berhasil diterima masyarakat dan juga Pemerintah Kota Manado.

Kepala Dinas Kominfo Manado, Erwin Kontu SH memaparkan, C3 adalah ruang pusat kendali digital untuk memonitor dan memantau keadaan Kota Manado dengan memanfaatkan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).

Mantan Kabag Humas Bitung ini menjelaskan, sejak dilaunching pada Februari 2017 lalu, keberadaan C3 sudah menjadi perhatian instansi atau lembaga yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri.

“Tercatat sudah ada 57 instansi baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang melakukan kunjungan resmi ke pusat kendali digital Kota Manado. 34 Provinsi, Kabupaten dan Kota di Indonesia, 12 lembaga teknis, 4 perguruan tinggi, 2 lembaga luar negeri, dan 5 swasta,” ungkap Kontu.

Tak hanya itu, hingga akhir tahun 2017 lalu, Kota Manado menerima penghargaan Smart City, penghargaan kategori utama Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) di 10 bidang.

Adalah, Rating keamanan dan kebencanaan kota (Safe & Secure Cities), rating ekosistem teknologi finansial, rating kesiapan infrastruktur (Infrastructure readiness), rating ekosistem kompetitif, rating kesehatan cerdas (Smart Health), rating ekosistem inovasi, rating sosial cerdas (Smart Social), rating kesiapan integritas (Integration Readiness), rating ekonomi cerdas (Smart Economy), rating mobilitas (Smart Mobility),” tutur Erwin Kontu.

“Sebagaimana Visi dan Misi Pemerintah Kota Manado dibawah pimpinan Pak Wali Kota Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota Mor Bastiaan yakni Manado Kota Cerdas 2021 (Smart City 2021), maka keberadaan C3 ini sangat penting, sebagai pusat kendali digital di Kota Manado,” ujar .Kontu. (tor)

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses