Disaksikan Walikota Eman, DPD LPM dan Dinas PPPA Tandatangani Nota Kesepakatan

oleh

Manadotempo, Tomohon-Disaksikan Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak DPD LPM Kota Tomohon dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menandatangani nota kesepakatan tentang percepatan Kota Tomohon menuju Kota Layak Anak (KLA).

Penandatanganan nota kesepakatan tersebut dilakukan usai Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak melantik pengurus DPD LPM Kota Tomohon di Aula Naga Mas Tomohon, Kamis (29/03/18).

Diketahui, DPD LPM Kota Tomohon dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Kota Tomohon bersepakat untuk memberikan kontribusi dan berpartisipasi serta melakukan kegiatan yang berkaitan dengan Tomohon Menuju Kota Layak Anak.

Usai penandatanganan nota kesepakatan antara Kadis PPPA dr Olga Karinda dan Ketua DPD LPM DR Rooije Rumende Wali Kota Jimmy Feidie Eman melaunching Tomohon Menuju Kota Layak Anak tahun 2018.

Pada kesempatan itu Wali Kota Eman mengatakan LPM ini nantinya akan membentuk di tingkat kecamatan setelah sebelumnya sudah dibentuk di tingkat kelurahan dan tentunya mensinergitaskan dengan Kota Layak anak Tomohon yang akan dibentuk di tingkat kelurahan dan kecamatan.

“Kita berharap dengan ditandatangani nota kesepakatan, ini dapat berjalan bersama-sama sebab Kota Layak anak ini juga sementara dalam penilaian oleh Kementrian Perempuan dan Anak, dan berharap juga Tomohon menjadi Kota yang nyaman bagi pandangan orang tua untuk bisa menghadirkan anak-anaknya di Kota Tomohon,” ujar Eman.

Bukan hanya anak-anak yang tinggal di Tomohon tapi juga yang datang dari luar yang bersekolah di Tomohon. “Sinergitas ini bisa kita harapkan terjalin dengan baik sehingga Kota Layak Anak ini bisa mendapat sumbangsih penuh dari LPM yang baru saja dilantik,” tandasnya.

Lanjut Walikota, Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI telah mendesain dan mensosialisasikan sebuah system dan strategi pemenuhan hak-hak anak yang terintegrasi dan berkelanjutan dengan mengembangkan kebijakan Kota Layak Anak.

“Kebijakan ini merupakan implementasi dari tindak lanjut komitmen dunia melalui WORLD FIT FOR CHILDREN dimana pemerintah juga turut mengadopsi dan mendukung gerakan ini melalui pengembangan Kab/Kota Layak Anak yang dilaksanakan pada era otonomi daerah saat ini,” jelasnya.

Walikota Jimmy Eman pada kesempatan tersebut memaparkan usaha-usaha yang sudah dilakukan Pemerintah Kota Tomohon dalam menunjang Kota Layak Anak, diantaranya.

Pembentukan Gugus Tugas KLA, Pembentukan Forum Anak Daerah Kota Tomohon, Pembentukan Forum Anak Kecamatan dan Kelurahan, Pusat Kreatifitas Anak, Pusat Pembelajaran Keluarga sebagai tempat Konsultasi Pengasuhan Anak, Pusat tempat Permainan Anak Wale Kabasaran, Pembentukan Kelurahan Layak Anak, Pembentukan Puskesmas Ramah Anak, Pembentukan Sekolah Ramah Anak,      Pelatihan Konvensi Hak Anak, Percepatan KIA, Pelayanan Perpustakaan Keliling, Zona Selamat Sekolah, Penyusunan Profil Anak dan Rencana Aksi Daerah (RAD) dan Pembuatan Website Kota Layak Anak.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPD LPM Provinsi Sulawesi Utara Drs. Ferdy Suoth, Anggota DPRD Kota Tomohon Ladys F. Turang, SE, Ketua Panitia AKP Johny Rumate, S.Sos, Ketua DPD LPM Kota Tomohon yang baru dilantik DR. Rooije Rumende, S.Si, M.Kes, Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Tomohon Drs. Gerardus Mogi, Kepala Dinas PPPA dr Olga Karinda, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan Kota Tomohon Ronni Lumowa, S.Sos, M.Si, Anggota DPD LPM yang baru dilantik serta jajaran Pemerintah Kota Tomohon. (tor)

No More Posts Available.

No more pages to load.