Rakornas Pengelolaan Sampah, Eman: Minta Masyarakat Memilah Sampah

oleh -9 Dilihat
oleh

Manadotempo, Tomohon-Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak meminta masyarakat agar tahu memilah sampah agar nantinya tidak banyak yang dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir dan ada yang bisa memberikan nilai ekonomis, pertanian dan  listrik.

Hal itu dikatakan Walikota Eman saat mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (SRT) dan Sampah Sejenis di Manggala Wanabakti Jakarta, Selasa (03/04/2018).

‘’Selaku pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon, siap mengawasi dan mendukung program pengelolaan sampah, karena program ini juga dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,’’ ujar Walikota Eman.

Rakornas itu sendiri dibuka Menteri Lingkungan Hidup DR Siti Nurbaya. Dalam sambutannya, mengatakan masyarakat memiliki peranan sangat penting dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis. yang saat itu menegaskan kaitannya peran masyarakat dalam pengelolahan sampah rumah tangga dan sejenisnya.

‘’Masyarakat mempunyai peranan dalam kegiatan pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga bersama sama dengan pemerintah Kabupaten dan Kota untuk mengelola sampah di sumbernya sesuai amanat PP Nomor 81 tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga,’’ katanya.

Kegiatan yang digagas Kementerian Lingkungan Hidup turut dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignatius Jonan, serta perwakilan dari Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan dan Kementerian Perindustrian serta Wakil Ketua Komisi 7 DPR RI yang sekaligus menjadi pemateri terkait program kementerian masing-masing serta lembaga.

Hadir mendampingi wali kota, Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Youddy Moningka SIP, Kadis Lingkungan Hidup Kota Tomohon Novi Politon SE, Kepala Badan Keuangan Daerah Drs Gerardus Mogi serta Kabag Humas dan Protokol Michael Joseph SSTP MSi. (tor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.