Walikota Eman Ajak Wujudkan Kota Yang Tangguh Bencana

oleh -21 Dilihat
oleh

Manadotempo, Tomohon-Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tomohon menggelar sosialisasi pemantauan dan penyebarluasan informasi potensi bencana alam yang dilaksanakan di aula Happy Lyste, Kelurahan Kakaskasen Kecamatan Tomohon utara, Kamis (03/05/2018).

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak saat membuka kegiatan mengatakan kegiatan ini sangat penting guna menjadikan Kota Tomohon yang siap dengan ancaman bencana jika terjadi tanggap darurat, dimana masyarakat dituntut untuk secara bertahap menjadi masyarakat yang tangguh bencana. “Kegiatan ini pun menjadi momentum tepat dan memang sudah seharusnya secara dini dilaksanakan pada semua elemen masyarakat guna terwujudya kota yang tangguh bencana”, ujar Eman.
Gunung lokon kapan saja bisa erupsi, untuk itu kami mengimbau masyarakat Kota Tomohon terlebih yang bermukim di sekitaran gunung lokon untuk tetap siaga, tanggap akan bencana, agar tidak terjadi sesuatu yang kita tidak inginkan.
Diuraikannya sejak 2016, kawasan rawan bencana erupsi gunung lokon telah mengalami perubahan yakni Kawasan Rawan Bencana (KRB) I dari radius 5 km menjadi 6 km, dan KRB II radius 3,5 km menjadi 4 km, sedangkan KRB III radius 2,5 km. “Yang harus kita waspadai juga adalah bencana gerakan tanah atau tanah longsor, pihak kami telah memasang berupa peralatan Early Warning Sistem (EWS) yang mendeteksi adanya potensi gerakan tanah, dan saat ini telah dipasang wilayah kelurahan Kayawu sebagai bantuan dari Bandan Nasional Penanggulangan Bencana”, jelasnya.
“Marilah kita tetap siaga, terus mendukung penyelenggaraan penanggulangan bencana karena hal ini tentu perlu dukungan dari semua elemen masyarakat”, tutup Eman.

Sebelumnya Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tomohon Drs Robby Kalangi SH MM menjelaskan maksud kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan masyarakat dalam upaya antisipasi dan pengurangan resiko bencana alam, serta mempersiapkan terwujudnya Kota tangguh bencana.

Hadir sebagai narasumber
Perwira penghubung Kota Tomohon Mayor Infantri Feky Welang, Sekretaris Kota Ir Harold Lolowang diwakili Asisten Umum Setda Kota Tomohon Ir Corry Caroles , mewakili Kapolres Tomohon Kompol Thonny Salawati SH, dan hadir sebagai peserta perwakilan SKPD Kota Tomohon, para Camat dan Lurah, LSM dan lembaga terkait dalam penganganan bencana. (tor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.