Walikota Pimpin Upacara HUT ke-73 di Rutan Kelas II A Manado.

oleh -13 Dilihat
oleh

Manadotempo, Manado-Walikota Manado GS Vicky Lumentut menjadi pemimpin upacara HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II A Manado, bertempat di Kelurahan Malendeng, Kecamatan Paal Dua, Jumat (17/08/2018).

Upacara tersebut turut dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Rutan Kelas II A Manado Ronny Rumondor.

Dalam kesempatan membawakan sambutan, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasona Laoly, yang dibacakan Walikota mengatakan, remisi merupakan hak warga binaan mendapatkan pengurangan masa tahanan yang telah diatur secara legal formal dalam pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

“Menjalani remisi merupakan salah satu sarana hukum yang penting dalam mewujudkan tujuan sistem pemasyarakatan. Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi pencapaian perbaikan diri yang tercermin dari sikap dan perilaku sehari-hari. Perbaikan itu tercermin dari sikap warga binaan yang taat selama menjalani pidana, lebih disipilin, lebih produktif, dan dinamis. Tolok ukur pemberian remisi tidak didasarkan pada latar belakang pelanggaran hukumnya, akan tetapi didasarkan pada perilaku mereka selama menjalani pidana,” tandas Walikota.

Lanjut dikatakan, pemberian remisi saat ini diatur melalui Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 3 Tahun 2018 serta memiliki mekanisme yang sangat transparan, berbasis sistem dengan mendayagunakan teknologi informasi dan digitalisasi.

“Pemberian remisi kita dorong menjadi upaya untuk memangkas proses birokrasi berbelit yang sarat dengan peluang-peluang transaksional. Proses ini juga akan kita buka seluas-luasnya agar masyarakat dapat ikut melakukan pengawasan melalui aplikasi agar pemberian remisi lebih transparan dan akuntabel,” terangnya.

Upacara yang dihadiri Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Manado Peter KB Assa dan sejumlah pejabat Pemerintah Kota Manado itu, ASN peserta upacara termasuk Plt Kepala Rutan Kelas II A Manado Ronny Rumondor turut mengenakan pakaian adat daerah di Indonesia. (tor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.