Dari Air Bersih, Pertumbuhan Ekonomi Sulut Dapat Menguat

Dari Air Bersih, Pertumbuhan Ekonomi Sulut Dapat Menguat

Manado – Masyarakat Sulut umumnya masih menggunakan air tanah, padahal air di Sulut bisa dikatakan berlimpah karena selain curah hujan cukup baik, banyak juga danau-danau yang memiliki debit air cukup baik, tapi air bersih masih menjadi masalah bagi sebagian besar masyarakat Sulut

ML Denny Tewu, calon DPD RI 2019-2024 nomor urut 34 asal Sulut meneruskan pengamatannya, bahwa air bersih umumnya dikeluhkan karena tidak banyak masyarakat yang mendapatkan pasokan air bersih dari PAM, dan tidak semua masyarakat memiliki sumur bor sendiri, sementara yang mendapatkan aliran PAM pun seringkali hanya bergilir seharinya.

Meski demikian ia akui, bahwa sudah ada upaya untuk mengatasi masalah air bersih ini dengan mulai dibuatnya bendungan seperti bendungan Kuwil di Minahasa Utara. “Harapan ke depan selain bisa menampung air hujan yang bisa menyebabkan banjir, namun juga bisa melayani kebutuhan air di 3 Kota, Manado, Bitung, Minahasa Utara,” tukas Denny.

Demikian juga apabila Danau Tondano bisa dimaksimalkan selain menghasilkan listrik, harusnya juga bisa di maksimalkan untuk kebutuhan air bersih dan pertanian buat kebutuhan pangan yang lebih baik, lanjut dia berharap.

Di samping upaya dan harapan tersebut, tambah Ketua Umum Rukun Keluarga Besar Tewu/Tewuh, pihak-pihak terkait yang membuat regulasi, baik Pemda, mapun legislator dan BUMD harus lebih fokus menangani aset alam tersebut secara lebih baik dan manajebel. Sebab, yang sudah dilakukan selama ini kenyataannya belum maksimal, jadi perlu ditelusuri apa persoalan utamanya dan bagaimana solusi terbaiknya.

Air merupakan salah satu dari misi Fantastic 4 untuk Sulut Luar Biasa dari Denny Tewu (Air, Energi, IT, SDM), “karena air bersih erat kaitannya dengan kebersihan dan kesehatan SDM Sulut, juga untuk lahan pertanian. Jika semua dapat berjalan baik, Sulut akan berlimpah dengan pangan yang berpotensi memenuhi kebutuhan lokal  sekaligus juga untuk kepentingan ekspor yang  ditopang kualitas pelabuhan untuk ekspor. Kalau sudah di tahap demikian pertumbuhan ekonomi Sulut dapat semakin menguat.” Mantan Ketua Umum PDS ini meyakini.

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses