Walikota Eman Launching SIPEDIB

oleh -8 Dilihat
oleh

Manadotempo, Tomohon-Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman,SE.Ak menghadiri sekaligus me-launching SIPEDIB atau Sistem Informasi Peringatan Dini Bencana yang juga merupakan proyek perubahan Kaban BPBD Kota Tomohon Robby J Kalangi, SH.MM dengan mengambil tema Strategi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Pra Bencana di Kota Wisata Tomohon di kantor BPBD kota Tomohon, Jumat (16/11/2018).

Wali Kota Eman mengungkapkan dengan adanya inovasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kota Tomohon melalui Kaban BPBD Robby J Kalangi, SH.MM atas sumbangsihnya yang mengarah pada deteksi dini pada tanah longsor tentunya memberikan manfaat yang besar kepada pemkot tomohon dan masyarakat yang didalamnya termasuk para pengguna jalan raya

Wali Kota Eman menambahkan, menjawab kemajuan teknologi informasi yang pesat maka dibuat sistem informasi peringatan dini bencana (SIPEDIB) bencama longsor di jalan raya nasional Tinoor oleh BPBD Kota Tomohon bersama Diskominfo membuat perangkat Early Warning System (EWS) beserta jaringan dan aplikasi berbasis web dan android dengan mengambil data informasi dari perangkat sensor yang terpasang di lokasi rawan longsor sebagai langkah mitigasi untuk meminimalisasi kerugian dan korban akibat bencana serta kaitannya dengan “smart city service” Kota Tomohon.

“Sistem ini merupakan inovasi yang pertama di Indonesia, karena dalam sistem ini telah menggunakan 5 parameter yang biasanya hanya menggunakan 2 parameter yaitu alat seismograf dan curah hujan, dan sistem ini telah ditambahkan dengan resonansi suara dari tanah itu sendiri, kelembaban udara dan visualisasi dalam bentuk kamera untuk memonitoring,” ujar Walikota.

“ Ini memberikan dampak yang sangat positif bagi keselamatan masyarakat di kota tomohon terlebih khusus bagi pengguna kendaraan di jalan raya yang akan mengunjungi kota tomohon,” tandasnya.

Tururt hadir juga dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. H.V. Lolowang, M.Sc, Danramil 1302-06 Tomohon Kapten Inf. Sulistyo, kepala Pos Pengamatan Gunung Api Tomohon Bpk. Farid Ruskanda serta jajaran pemerintah Kota Tomohon. (tor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.