Walikota Tomohon Buka Sosialisasi Jajanan Sehat dan Lomba Cipta Menu

oleh -7 Dilihat
oleh

Manadotempo, Tomohon-Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak membuka sosialisasi jajanan sehat bagi anak sekolah dan lomba cipta menu tingkat Kota Tomohon.

Ini dalam rangka Peringatan Hari Pangan Sedunia yang ke-38 dan kegiatan tersebut dilakukan di Anugerah Hall, Senin (19/11/2018).

Dalam sambutannya Walikota Eman mengatakan pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia. UU no 18 tahun 2012 tentang pangan mengamanatkan pemerintah untuk memberi perlindungan kepada konsumen dan produsen akan pangan yang sehat, aman dan halal.

“Hal tersebut diperkuat dengan penjabaran undang-undang yang dituangkan dalam bentuk peraturan pemerintah tentang keamanan pangan serta label dan iklan pangan, demikian juga peraturan pemerintah tentang mutu dan gizi pangan serta ketahanan pangan,” terang Walikota Eman.

Lanjut Eman, kegiatan sosialisasi jajanan sehat bagi anak sekolah SMA/SMK di Kota Tomohon dimaksudkan untuk pengetahuan dan pemahaman para siswa dan guru tentang pangan yang sehat dan aman. Lomba cipta menu berbasis pangan lokal tingkat Kota Tomohon yang merupakan bentuk pemberdayaan pemerintah Kota Tomohon dan pada prinsipnya untuk memotivasi masyarakat agar mau mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA).

“Sekarang ini marak di media sosial dan elektronik mengenai beras plastik, mie berformalin, penggunaan borax dan pewarna pakaian pada bahan makanan, merica palsu dan lainnya yang mengancam kita untuk memperoleh makanan sehat dan aman. Agar masyarakat dapat hidup dengan sehat dan produktif, tentunya pangan yang dikonsumsi haruslah pangan yang aman,” jelasnya.

Para narasumber yaitu Kepala Bidang Keamanan Pangan Dinas Pangan Sulut Ir Daby Yunisr Nur Nerwan, Kepala Bidang Konsumsi Dinas Pangan Sulut Ir Greitje Andries, Akademisi Unsrat Dr Ir Gregoria Suhartati Djarkasi

Tampak hadir Asisten Umum Ir Corry Caroles, Asisten Kesejahteraan Rakyat Drs ODS Mandagi, Ketua Dharma Wanita Kota Tomohon Dra Wihelmina Lolowang-Mince, dari Perhotelan Bapak Maikel Manoso, Kepala Dinas Pangan Kota Tomohon Dra Lili Solang MM, unsur Dinas Kesehatan Kota Tomohon Benny Purba SKM, pengurus Dharma wanita Kota Tomohon, para siswa-siswi SMK/SMA dan guru serta jajaran pemerintah Kota Tomohon. (tor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.