Manado Pastikan Pengelolaan Sampah Gunakan Sistem Sanitary Landfill

Manado Pastikan Pengelolaan Sampah Gunakan Sistem Sanitary Landfill

Manadotempo, Manado- Kota Manado gagal mendapatkan piala kebersihan Adipura, lantaran masih menggunakan sistem open dumping dalam pengelolaannya.

Untuk itu  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado, Sulawesi Utara, Sonny A Rompas, menegaskan syarat yang sekarang diberlakukan tidak boleh lagi memakai sistem open dumping namun harus diubah jadi sistem sanitary landfill.

Dijelaskannya, pemerintah kota sudah menyiapkan perubahan sistem pengelolaan sampah sejak lima tahun lalu. Namun rencana tersebut dialihkan karena Manado terkena bencana banjir besar.

“Sebenarnya rencana itu sudah dilakukan lima tahun lalu tapi pada 2014 kami kena musibah banjir jadi ditunda dulu. Rencananya, tahun ini sudah berjalan,” ungkap Kadis LH Manado ini, Rabu (16/01/2019).

Tempat pembungan akhir Sumompo, sambungnya, sudah seharusnya diubah menjadi sistem pemusnahan sesuai intruksi pemerintah pusat. Namun pemerintah daerah harus menyiapkan anggaran khusus untuk perubahan tersebut.

“Rencananya tahun ini menggunakan anggaran APBD 2019, tapi sebenarnya Manado sekarang lebih bersih dibandingkan 2013 atau sebeumnya yang justru kami mendapat Adipura. Cuma open dumping itu saja yang kami belum perbaiki,” katanya se,bari menambahkan, pengelolaan sampah sudah dilakukan secara mandiri di setiap kecamatan.(tor)

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.