Pemkot Manado Gelar Pesta Adat Tulude 2019

Pemkot Manado Gelar Pesta Adat Tulude 2019

Manadotempo, Manado-Pemerintah Kota Manado menggelar acara Pesta adat Tulude bertempat di Lapangan Sparta Tikala Manado, Kamis (14/02/2019).

Upacara adat Tulude yang diketahui acara masyarakat etnis Nusa Utara (Sangihe, Sitaro dan Talaud) merupakan warisan dari pendahulu/leluhur yang masih dilestarikan serta dirayakan hingga sekarang ini. Sudah berabab-abab acara sakral dan riligi ini, menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sehingga telah terpatri dalam adat, tradisi juga budaya masyarakat Sangihe, Sitaro dan Talaud, sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam penyertaannya bagi kehidupan masyarakat.

Gelar Adat Tulude, didahului dengan prosesi arakan Kue Tamo yang dibawah dari gedung Gereja Sentrum Manado, sebelum diarakan ke lokasi acara lapangan Sparta Tikala, oleh pasukan adat serta para pentua adat terlebih dahulu di doakan oleh Hamba Tuhan.

Dalam Kesempatan tersebut, Walikota Manado Vicky Lumentut, menyampaikan Sejatinya perayaan gelar adat Tulude merupakan wujud ungkapan syukur kepada Tuhan yang telah menyertai berjalan kehidupan kita semua, dari tahun yang lalu dan menapaki tahun yang baru ini, kita mohon pertolongan Tuhan guna pemeliharaanNya dalam setiap kehidupan kita. Ditambakannya, gelar adat Tulude juga mempunyai tujuan, untuk mempromosikan budaya serta memperkuat ketahanan nasional sekaligus mendukung wonderful indonesia serta memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia. “ Harapan kita bersama agar lewat gelar adat Tulude Kota Manado ini akan terbangun masyarakat yang religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral, sosial dan toleransi”.

Hadir, dalam acara tersebut, Ketua DPRD Kota Manado, Ketua TP PKK Kota Manado, Wakil Walikota Mor D. Bastian, Wakil Ketua TP PKK Kota Manado, Sekretaris Daerah Micler CS Lakat, Ketua IKISST Sulawesi Utara, FORKOPIMDA, Tokoh Agama/Tokoh Masyarakat serta para undangan.(tor)

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.