Anggaran Tepat Sasaran, Tomohon Raih Penghargaan SAKIP 2018

oleh -12 Dilihat
oleh

Manadotempo, Manado-Pemkot Tomohon berhasil memperoleh penghargaan dari KemenPAN RB atas prestasinya dalam penilaian Sistim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018 dengan predikat nilai B.
Pemerintah pusat menilai, Pemkot Tomohon telah mampu mengubah paradigma kinerja pemerintah, bukan lagi hanya melakukan program yang dianggarkan, tetapi cara paling efektif dan efisien soal anggaran tepat sasaran.

Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak melaui Asisten Perekonomian Sekda Kota Tomohon Max M. Mentu, SIP, MAP yang menerima penghargaan tersebut, yang diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin saat penyampaian Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan SAKIP Award bagi Pemerintah Wilayah III, di Makassar, Selasa (19/02/2019).

Syafruddin mengatakan, penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di 186 Pemerintah Daerah Wilayah III berhasil menghemat anggaran hingga Rp 6,9 Triliun dalam tahun 2018.

Penghematan ini diperoleh melalui cross cutting program yang kurang sesuai, untuk kemudian dialihkan melalui refocusing program sehingga anggaran tepat sasaran.
Penerapan SAKIP memastikan anggaran hanya dipergunakan untuk membiayai program ataupun kegiatan prioritas yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan. Penghematan anggaran terjadi dengan dihapusnya sejumlah kegiatan yang tidak penting dan yang tidak mendukung kinerja instansi.

Sementara itu Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PAN RB M. Yusuf Ateh menjelaskan hasil evaluasi yang disampaikan kepada Pemerintah Daerah bertujuan untuk mengukur perkembangan implementasi SAKIP serta melakukan pembinaan yang berkesinambungan.

Diketahui, hasil evaluasi SAKIP diperuntukkan bagi 186 pemda di wilayah III yang terdiri dari seluruh 174 pemerintah kabupaten/kota dan 12 pemerintah provinsi se-Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah.

Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak pun menyambut gembira dan mengapresiasi kinerja OPD dibawah pimpinannya bersama Wakil Walikota Tomohon Syerly A. Sompotan yang telah berhasil melaksanakan program dengan baik, efektif, efisien terencana dan terukur.
“Penghargaan SAKIP dengan Predikat B ini, merupakan hasil Kerjasama dan Kerja keras kita semua. Saya mengucapkan terimakasih semoga penghargaan ini memotivasi kita untuk meningkatkan kinerja dan gairah dalam menjalankan pemerintahan dan pelayanan publik,“ terang Walikota Tomohon. (tor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.