Walikota Eman Beber Lima Prioritas Pembangunan Tomohon Tahun 2020

Walikota Eman Beber Lima Prioritas Pembangunan Tomohon Tahun 2020

Manadotempo, Tomohon-Walikota Tomohon Jimmy Eman SE Ak didampingi Wawali Syerly Sompotan dan Sekkot Harold Lolowang menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Tomohon Tahun 2020, Jumat (22/03/2019).

Dalam musrenbang tersebut, Walikota Eman mengatakan proses penyusunan RKPD Kota Tomohon tahun 2020 diharapkan berjalan sesuai tahapannya dengan menggunakan pendekatan secara teknokratik, partisipatif, politis, bottom-up/top-down dimana hal ini bermakna perencanaan daerah selain diharapkan memenuhi kaidah penyusunan rencana yang sistematis, terpadu, transparan dan akuntabel juga harus konsisten dengan rencana lainnya yang relevan.

“Kami optimis Musrenbang RKPD Kota Tomohon tahun 2020 akan semakin memperkuat pencapaian visi dan misi Pemerintah Kota Tomohon yang kemudian akan mendukung pencapaian prioritas pembangunan di Sulawesi Utara dan tentunya akan berkontribusi nyata pada tingkat nasional,” katanya.

Penyelenggaraan Musrenbang RKPD saat ini dikatakannya merupakan salah satu tahapan dalam rangka penyusunan RKPD Kota Tomohon tahun 2020 dimana akan memasuki tahapan pematangan rancangan RKPD dengan menyelaraskan substansi Rancangan Rencana Kerja (Renja) perangkat daerah berdasarkan hasil forum lintas perangkat daerah.

“Mempertimbangkan hal tersebut telah dirancang tema pembangunan Kota Tomohon tahun 2020 yaitu Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia dan Infrastruktur Untuk Pertumbuhan Yang Berdaya Saing. Sebagaimana telah disentil sebelumnya mengenai keselarasannya dengan arah pembangunan nasional, maka prioritas pembangunan Kota Tomohon di tahun 2020 dirumuskan sebagai berikut yakni kualitas sumber daya manusia, pertumbuhan ekonomi, daya saing dan investasi kemudian sosial, budaya dan pariwisata. Pengembangan infrastuktur serta pemanfaatan sumber daya alam,” jelas Eman.

Walikota Eman berharap nantinya agar apa yang dihasilkan, putuskan dan sepakati pada musrenbang ini benar-benar dijabarkan dalam rencana kerja perangkat daerah dan penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) perangkat daerah agar pada saatnya akan menghasilkan APBD pada tahun depan yang semakin capable mengakumulasi berbagai kebutuhan pembangunan daerah dan kualitasnya semakin baik dari tahun ke tahun.(tor)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.