DAK Pendidikan, Pengelola Dana di Tomohon Dibekali

oleh -8 Dilihat
oleh

Manadotempo, Tomohon-Para pengelola dana pendidikan di Kota Tomohon diberi pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalisme, Senin (29/07/2019).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Dr Juliana Dolvin Karwur MSi MKes mengungkapkan, kegiatan ini sebagai upaya menciptakan pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) pendidikan yang efektif, efisien, transparan, ekonomis, akuntabel, bertanggung jawab serta taat pada peraturan perundang-undangan.

“Dengan pelatihan seperti ini, diharapkan dalam mengelola dana pendidikan, para pengelola tidak lagi mengalami kendala dalam membuat laporan dan agar tahu mana yang bisa dilakukan dan mana yang tidak,’’ kata Karwur.

Kegiatan dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA melalui Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh. Saat membawakan sambutan wali kota, sekretaris kota mengatakan, pemerintah berupaya menstimulasi partisipasi masyarakat untuk bersinergi bersama pemerintah lewat program-program pengembangan pendidikan guna memajukan pendidikan Nasional.

Antaranya kebijakan pengalokasian dana pendidikan seperti DAK ke daerah dalam bentuk DAK fisik dan non fisik.

“Nah, kebijakan ini pun harus diiringi oleh kemampuan daerah di dalamnya para kepala sekolah bersama pengelola keuangan sekolah untuk menyelenggarakan program DAK tersebut sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku,’’ katanya.

Melalui kegiatan pelatihan ini, diharapkan peserta akan memperoleh pengetahuan, pemahaman yang baik tentang pengelolaan dana pendidikan DAK di sekolah masing-masing, sehingga pengelolaan dana tersebut berjalan sebagaimana mestinya.

Narasumber dalam pelatihan ini unsur Pemkot Tomohon, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sulut. Peserta para kepala sekolah dan bendahara sekolah TK/PAUD, SD dan SMP di Kota Tomohon. (tor)

No More Posts Available.

No more pages to load.