Bapelitbang Tomohon Rapat Soal Surveyor Data Pengangguran

Bapelitbang Tomohon Rapat Soal Surveyor Data Pengangguran

Manadotempo, Tomohon-Pemkot Tomohon melalui Bapelitbang kota Tomohon menggelar pertemuan terkait Pembekalan Surveyor Data Pengangguran Kota Tomohon.

Adalah Prof Dr Ir Charles Keppel DEA, Dr Vecky Masinambouw, Dr Een Walewangko dan Dr G Waleleng yang melakukan pertemuan dengan membahas tentang Konsep peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon, Sabtu (26/10/2019), yang dipimpin Kepala Bapelitbang Kota Tomohon.

Memang benar, melihat data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia sudah tinggal 5,01% (per Februari 2019). TPT sendiri merupakan perbandingan antara jumlah pengangguran dengan jumlah total angkatan kerja.

Namun jangan dilupakan bahwa dengan angka TPT sebesar 5,01% tersebut, Indonesia masih berada di urutan kedua terbanyak di antara negara-negara ASEAN. Jika tidak ada Filipina yang memiliki tingkat pengangguran sebesar 5,1% (per Juni 2019), maka Indonesia menjadi yang terbanyak.

Sementara data BPS Tomohon, jumlah angkatan kerja di Sulawesi Utara pada Agustus 2018 tercatat sebanyak 1,18 juta orang dan yang bekerja ada 1,09 juta orang. Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) sebesar 63,01 persen, naik 2,16 poin dari Agustus 2017. Masih terdapat diskrepansi TPAK laki-laki dan perempuan, meskipun TPAK perempuan naik 3,56 poin dalam setahun terakhir. Tingkat Pengangguran Terbuka turun 0,32 poin bila dibandingkan Agustus 2017.(tor)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.