CPNS 2019, BPS: Pengangguran di Tomohon Capai 4 Ribuan

CPNS 2019, BPS: Pengangguran di Tomohon Capai 4 Ribuan

Manadotempo, Tomohon-Bisa dipastikan perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan disesaki para pencari kerja.

Mengingat kuota untuk kota Tomohon seperti disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDM) Kota Tomohon Drs Daniel Pontonuwu, hanya 28 orang saja, sementara angka pengangguran di kota Tomohon mencapai 4 ribuan.

Kepala Badan Pusat Stastistik (BPS) Kota Tomohon Hirsfeld Manullang SSI MSi yang dikonfirmasi manadotempo.com, Kamis (07/11/2019) pun membenarkan angka pengangguran itu.

Dia menjelaskan, tingkat pengangguran terbuka dari hasil survey BPS Tomohon terbagi atas pendidikan tertinggi yang ditamatkan.

Sesuai survei angkatan kerja nasional bulan Agustus 2018, dibawah Sekolah Dasar berjumlah 124 orang, Sekolah Dasar 143, SMP 859, SMA 2279, Diploma I/II/III Akademi dan Universitas 674.

Dengan begitu total keseluruhan pengangguran terbuka di kota Tomohon mencapai 4.079 laki-laki dan perempuan.

“Pengangguran laki-laki ada 1.796 dan pengangguran perempuan 2.283. Nah ini adalah gambaran potret yang sebenarnya, perkiraan angka pengangguran terbuka di kota Tomohon Tahun 2018,” terang mantan Kepala BPS Talaut ini.

Namun ditegaskan Manullang, angka itu tidak menunjukan tempat atau wilayah di kecamatan tertentu, karena ini gambaran umum.

Disinggung soal angka tersebut merupakan pengangguran dengan umur produktif 15-64 tahun, Manullang mengatakan tidak ada pemilahan umur dari data BPS tersebut.

“Itu hasil survey tahun 2018 sedangkan survey 2019 sudah dilakukan cuma masih diolah di BPS Pusat,” bebernya. (tor)

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.