Dana Kelurahan 2020 Tomohon, Rp 15,4 Miliar APBD Tutup Selisih DAU

Dana Kelurahan 2020 Tomohon, Rp 15,4 Miliar APBD Tutup Selisih DAU

Manadotempo, Tomohon-Menteri Keuangan Sri Mulyani tetap mengakomodir dana kelurahan sebesar Rp3 triliun dalam RAPBN 2020, untuk meningkatkan kinerja birokrasi dan lembaga di tingkat kelurahan disamping dana desa.

Kelurahan di Tomohon diakui Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Tomohon Gerardus Mogi,  juga kebagian. Dan dengan adanya tambahan dana kelurahan ini secara otomatis tiap-tiap kelurahan yang awalnya hanya mendapat sekitar Rp352 juta, maka tahun 2020 akan menjadi Rp700 juta.

“Ada tambahan untuk dana kelurahan di 2020,” ungkap Mogi kepada manadotempo.com, Minggu (01/12/2019).

Namun disatu sisi, Mogi mengatakan, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 130 tahun 2018 besaran keseluruhan anggaran kelurahan juga merupakan 5 persen dari total APBD Kota Tomohon.

Artinya, digambarkan Mogi, APBD Tomohon 2020 pasti akan terkuras mengingat ada selisih dana kelurahan sesuai keputusan pusat, ini untuk menutup atau menambah selisih yang belum terpenuhi.

“Jadi akan dialokasi 5 persen dari total APBD Tomohon, karena DAU kelurahan dari pemerintah pusat itu ada selisih yang belum terpenuhi. Untuk itu jika dihitung ada sekitar Rp15.4 miliar akan diambil dari APBD 2020 untuk menambah DAU tambahan Rp15.6 miliar dana kelurahan tersebut. Karena secara keseluruhan total dana kelurahan yang akan dialokasi sebesar Rp35 miliar. Itu dari DAU tambahan dana kelurahan Rp15.6 miliar dan APBD Tomohon Rp15.4 miliar untuk melengkapi jumlah dana kelurahan itu,” rinci Mogi sembari menambahkan, jika tidak penuhi 5 persen dari total APBD ada sanksi, adalah pusat akan potong DAU itu.(tor)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.