KPU Tomohon Jamin Hasil Tes Calon PPK Langsung Dibeber ke Masyarakat

oleh -14 Dilihat
oleh
Simulasi tes calon PPK yang digelar KPU Tomohon. (foto istimewa)

Manadotempo, Tomohon- Ketua KPU Kota Tomohon Harryanto Lasut melalui Komisioner Divisi Sosialisasi Stenly Kowaas menegaskan, calon PPK yang lolos dan lanjut seleksi wawancara dan tes tertulis hasilnya akan langsung diumumkan.

“Tidak harus menunggu berhari-hari setelah mengikuti Computer Based Test (CBT), hasil seleksi tertulis calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan langsung diumumkan (PPK). KPU mengedepanka objektif dan transparan. Itu pesan yang ingin KPU sampaikan kepada masyarakat pada tahapan ini,” terang Kowaas.

Dijelaskan, aplikasi CBT yang digunakan untuk menguji kemampuan pengetahuan kepemiliuan para calon PPK itu, hampir mirip dengan yang digunakan saat tes CPNS maupun Ujian Nasional. “Soalnya multiple choice. 100 nomor. Waktu pengerjaan 90 menit,” ungkap Kowaas sembari mengingatkan kepada peserta bahwa pelaksanaan CBT dimulai pukul 13:00 Wita.

Kowaas menambahkan, selain faktor transparansi dan objektivitas, KPU Tomohon berharap anggota PPK terpilih adalah orang-orang yang mengerti dengan dunia teknologi informasi.

“KPU terus membangun sistem yang familiar dengan digitalisasi. Sebagian besar tahapan Pemilu 2019 lalu dan Pilkada serentak 2020, bersinggungan dengan sejumlah aplikasi. Computer Bases Test ini katakanlah filter penting untuk menghasilkan calon PPK yang berintegritas serta akrab dengan teknologi informasi,” tutupnya. (tor/*)

No More Posts Available.

No more pages to load.