Virus Corona, Pemkot Tomohon Pantau 11 Warga

Virus Corona, Pemkot Tomohon Pantau 11 Warga

Manadotempo, Tomohon-Dipastikan Kota Tomohon belum terdapat warga yang positif kena virus corona covid-19.

“Tidak, belum ada kasus (positif virus corona) di kota Tomohon,” tegas Sekkot Tomohon Harold Lolowang, Jumat (20/03/2020) diruang kerjanya.

Sekkot Lolowang yang adalah Ketua Tim Gerak Cepat Penanggulangan Virus Covid-19 Kota Tomohon menjelaskan, ada 11 warga yang masuk kategori ODP atau orang dalam pemantaun.

Untuk diketahui, ODP (Orang Dalam Pemantauan), artinya orang ini belum menunjukkan gejala sakit tapi memiliki riwayat perjalanan dari Luar Negeri atau daerah lain di Indonesia yg telah dinyatakan terjangkit Virus COVID-19, atau pernah melakukan kontak langsung dengan orang yang diduga positif corona.

“Tapi dari jumlah itu, dua warga sudah selesai dipantau dan sisa tinggal 9 lagi. Artinya PDP atau pasien dalam pengawasan belum ada,” kata Lolowang.

Sementara untuk PDP (Pasien Dalam Pengawasan). orang dalam kategori ini adalah orang yg memiliki riwayat perjalanan ke Luar Negeri atau daerah lain di Indonesia yang terjangkit atau melakukan kontak dengan orang yang terjangkit, yang sudah menunjukkan gejala sakit seperti demam, batuk, pilek, dan atau sesak nafas. orang dalam kategori ini sudah harus mendapat penanganan medis yang lebih intens lagi.
suspect, pasien yang memiliki riwayat perjalanan ke LN dan daerah lainnya di Indonesia yg terjangit virus Covid 19, yang sudah menunjukkan gejala terjangkit virus Covid 19 seperti suhu tubuh yang semakin tinggi, batuk dan pilek yang lebih sering dan sesak nafas, atau di duga kuat telah melakukan kontak dengan orang yg positif terjangkit covid 19.

“Terhadap mereka sudah harus dilakukan tindakan pemeriksaan spesimen/uji klinis lebih lanjut menurut metode yang ada, untuk mencari tahu status apakah positif atau negatif,” ungkap Kadis Kesehatan Tomohon, dr. Deesje Liuw, MBiomed sesuai rikis yang diterima redaksi manadotempo.com, Jumat (20/03/2020).(tor)

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.