Dampak Covid-19, Pala Segera Umumkan 73 Ribu Calon Penerima Bansos

Dampak Covid-19, Pala Segera Umumkan 73 Ribu Calon Penerima Bansos

ManadoTempo,Manado-Pemerintah Kota (Pemkot) Manado akan mengumumkan calon penerima bantuan sosial bagi warga yang terdampak Covid-19.

Terkait kebijakan Social Safety Net atau Jaring Pengaman Sosial, Walikota DR GS Vicky Lumentut secara terbuka menjelaskan langkah yang sudah dan sementara dilaksanakan Pemkot Manado.

“Dalam rangka SSN, kita memerlukan data yang konkret dari masing-masing lingkungan yang dikoordinasikan oleh Camat. Data ini jangan main-main. Data yang kita kumpulkan sebagaimana arahan dari Menkopolhukam, Kemaritiman dan Investasi dan PKM,”terang GSVL panggilan akrab Walikota.

Lebih lanjut Walikota mengatakan, data ini harus clear, karena data terdampak ini akan dipakai. Angka kemiskinan sesuai catatan BPS 6600 KK lebih, data dari Dinas Sosial yang diterima Bapelitbang 22 ribu lebih.

Saya sampaikan bahwa data yang dikumpulkan oleh para Camat lebih dari 73 ribu kepala keluarga. Makanya saya bilang hati-hati dengan data. 73 ribu lebih dikumpulkan dari masing-masing kecamatan,”ujar GSVL.

Pihaknya sedang melakukan verifikasi, karena yang dibantu adalah penduduk Kota Manado. Karena itu pihaknya minta data dari Dinas Sosial disampaikan dan diverifikasi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil apakah betul mereka penduduk di Manado yang memiliki KK KTP.

“Karena pengalaman kita menangani bencana alam 2014 bermasalah dimulai dari data, maka pengalaman itu kita gunakan dalam menangani data, saya sampaikan data yang sudah diverifikasi oleh Capilduk bahwa ini betul ada penduduk Kota Manado, kami akan kembalikan ke Camat, Lurah, dan Lingkungan,”kata Walikota.

Data ini akan dibacakan di lingkungan nama-nama keluarga yang dicalonkan akan menerima SSN. Kita validasi kembali di lingkungan. Dengan harapan pengumuman yang disampaikan lewat pengeras suara oleh kepala lingkungan didengar oleh rakyat yang ada di lingkungan, dan mereka akan menilai apakah yang dibacakan layak menerima, atau ada yang layak menerima tapi belum terdata. Karena itu validasi ini bisa bertambah atau berkurang.

“Selesai validasi, data dikembalikan ke Dinas Sosial, dan saya akan mengeluarkan SK Walikota Calon Penerima Social Safety Net Terdampak Covid19,”ujar GSVL.

Data ini akan menjadi data kita bersama. Jangan ada yang korban karena data. Karena keterbatasan pembiayaan di Kota, data ini juga akan kita usulkan untuk dibantu oleh Kementrian Sosial, Provinsi, dan Kota Manado sendiri.

Walikota Lumentut berharap akhir minggu ini data semua clear dan siapkan sembakonya yang dari seluruh pergeseran bernilai sekitar 30 Milyar.(jil)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.