Covid 19, Pemkot Tomohon-PT Pos Indonesia Jalin Kerjasama

Covid 19, Pemkot Tomohon-PT Pos Indonesia Jalin Kerjasama

Manadotempo,Tomohon-Terobosan baru dilakukan Pemerintah Kota Tomohon di masa Pandemi Covid-19. Bersama PT Pos Indonesia menandatangani kerja sama pengiriman dokumen dan paket.

Masyarakat Kota Tomohon diberi keringanan dan kemudahan ketika mengurus dokumen di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Tomohon.

‘’Ya, karena dianjurkan untuk tinggal di rumah dan menjaga jarak, kami membuat terobosan dengan bekerja sama dengan PT Pos Indonesia. Dokumen dan paket yang telah selesai di Dinas Dukcapil dikimkan ke masyarakat lewat PT Pos Indonesia. Masyarakat menunggu saja di rumah, di alamatnya masing-masing,’’ ujar Kepala Dinas Dukcapil Kota Tomohon Albert J Tulus SH.

Penandatanganan kerja sama dilaksanakan di Command Center Mal Pelayanan Publik Wale Kabasaran Jumat (24/04/2020).

Pemkot Tomohon diwakili Kadis Dukcapil Albert J Tulus SH, sementara PT Pos Indonesia oleh Kepala Kantor Pos Manado Temmy Talinusa disaksikan langsung Sekretaris Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc MTh.

Penandatanganan disaksikan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA melalui Video Conference. Hadir juga melalui Video Conference Kasubid Keamanan Informasi Korwil IV Sulut Ditjen Dukcapil Adjrun Rahmad MEng.

Dalam laporannya, Tulus mengatakan, pelayanan online Disdukcapil Kota Tomohon bisa melalui Aplikasi Android e-Dukcapil Tomohon, WhatsApp, Website disdukcapil.tomohon.go.id serta Facebook Dukcapil Tomohon.

Sementara layanan tanda tangan elektronik Dukcapil Kota Tomohon meliputi Kartu Keluarga, Biodata WNI, Akta Kelahiran, Akta Kematian, SKPWNI.

‘’Layanan terintegrasi sudah dilaksanakan untuk penerbitan semua dokumen kependudukan dan pencatatan sipil,’’ jelasnya seraya menambahkan, saat ini sisa blanko KTP Elektronik berjumlah 4.710 keping.

Sementara Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA mengatakan, pihaknya berkomitmen kuat mengimplementasikan komitmen global, komitmen regional dan komitmen nasional dalam pelayanan prima kepada seluruh elemen masyarakat.

‘’Penyelenggaraan pelayanan urusan administrasi kependudukan tentu tidak hanya menjadi domain tunggal Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil semata karena dinas bukan pemain tunggal, tapi butuh keterlibatan banyak pihak dan banyak peran sehingga kerja sama dan kolaborasi menjadi salah satu cara efektif untuk pencapaian dan suksesnya penyelenggaraan urusan administrasi kependudukan yang tertib,’’ tandas Eman seraya berharap kerja sama ini bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. (tor)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.