Walikota Eman Buka Sosialisasi Pemetaan Program Kegiatan Ikuti Permendagri

oleh -8 Dilihat
oleh

Manadotempo, Tomohon — Wali Kota Tomohon, Jimmy Feidie Eman, SE.Ak, CA membuka acara sosialisasi pemetaan Program/Kegiatan sesuai Permendagri nomor 90 tahun 2019 di Command Centre Kota Tomohon, Kamis (14/05/2020).

Permendagri nomor 90 tahun 2019 mengatur tentang Klasifikasi , Kodefikasi da Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah.

Wali Kota Jimmy Eman mengatakan, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), dalam pasal 14 yang menyatakan bahwa dalam menyusun dokumen perencanaan pembangunan daerah (RPJPD, RPJMD, RKPD) maupun dokumen perencanaan perangkat daerah (RENSTRA, RENJA) menggunakan klasifikasi, kodefikasi, dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tomohon Tahun 2021 sudah pada tahap perumusan rancangan akhir,”  jelas Jimmy Eman melalui video conference dari kediaman Wali Kota Tomohon.

Perumusan rancangan akhir, menurutnya, dilakukan setelah sebelumnya dilaksanakan beberapa tahapan kegiatan dalam proses penyusunan RKPD tersebut dengan mengakomodir pokok-pokok pikiran DPRD, konsultasi publik dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RKPD.

“Selain itu, telah dilaksanakan forum lintas perangkat daerah dan pelaksanaan Musrenbang baik dari tingkat Kelurahan ,Kecamatan , tingkat Kota , Provinsi sampai di tingkat Pusat,” jelasnya.

Untuk itu, tambah Eman, melalui pertemuan lewat Video Conference saat ini, sangat diharapkan kerjasama yang baik dari seluruh stakeholder Perangkat Daerah (PD) untuk dapat memetakan setiap program dan kegiatan pada RPJMD, RENSTRA dan RENJA perangkat daerah yang masih berlaku, dengan mempedomani program, kegiatan dan sub kegiatan sebagaimana yang diatur dalam peraturan menteri dalam negeri nomor 90 tahun 2019.

Wali Kota juga, berharap agar acara sosialisasi ini dapat menjadi media interaktif bagi segenap pemangku kepentingan untuk menetapkan program dan kegiatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program dan kegiatan tahun anggaran 2021, beserta dokumen perencanaan lainnya, sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dalam upaya kita membangun dan menata Kota Tomohon ke depan yang lebih baik dan terdepan.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Tomohon ini, menghadirkan Kepala BPKP Sulawesi Utara, Setya Nugraha.

Terpantau turut hadir, Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompoton, Sekkot Ir.Harold V.Lolowang, MSc, Kepala Bidang Monev Bappeda Sulawesi Utara Dr Adarto Utiah, yang diwakili Randy Sompie, serta jajaran Pemkot Tomohon.(tor)

No More Posts Available.

No more pages to load.