Ditengah Pandemi Covid-19, Walikota GSVL Dukung UMKM dan IKM

Ditengah Pandemi Covid-19, Walikota GSVL Dukung UMKM dan IKM

ManadoTempo,Manado-Ditengah Pandemi Covid-19 Pemerintah Kota (Pemkot) Manado terus berusaha mendorong Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah agar bertahan serta berkembang.

Walikota Manado DR Ir Godbless Sofcar Vicky Lumentut SH MSi DEA (GSVL), melalui Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Hendrik Warokka SPd DEA mengatakan, pihak pemkot akan memfasilitasi bagi para UMKM dan IKM untuk memberikan tempat berusaha.

Satu diantaranya dengan memanfaatkan gedung-gedung milik Pemerintah Kota (Pemkot) Manado yang tidak berfungsi untuk dijadikan sebagai lokasi usaha. Apa yang dilakukan sejalan dengan penyampaian Presiden Republik Indonesia (RI) Ir Joko Widodo, terkait dengan penanganan kesehatan, jaringan sosial dan penguatan ekonomi.

“Pak Walikota menyiapkan sarana dan prasarana untuk menyambut new normal. Selain itu ini adalah upaya Pak Walikota untuk membantu IKM dan UKM yang saat ini lagi lesu serta dalam posisi kritis akibat mewabahnya Covid-19,” ujar Kadis.

Sementara untuk lokasi pemanfaatan bangunan milik Pemkot Manado terletak di God Bless Park dan samping gedung Youth Center kawasan Megamas.

“Untuk tenaga kerja IKM kita ambil dari tenaga kerja yang telah dirumahkan,” ujarnya lagi.

Diakuinya semenjak program tersebut dijalankan, banyak pelaku usaha IKM dan UMKM yang mendaftar.

“Sampai posisi hari ini sebanyak sembilan IKM dan UMKM yang datang mendaftar,” akunya.

Ditempat yang sama Natalia Panambunan SH, selaku manager mengaku, konsep yang digunakan adalah konsep new normal.

“Konsepnya kita buat satu meja untuk dua orang dan terdapat kaca sebagai pembatas. Kemudian pemesanan kita gunakan sistem what’s up untuk mencegah penularan Covid-19,” ujarnya.

Sementara ada beberapa sistem yang diterapkan dengan tetap memperhatikan protap kesehatan pedagang dan konsumen.

“Setelah membayar uang kembalian bisa diambil sendiri di atas meja kasir,” tandasnya. (jil)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.