DPRD Manado Hormati Keputusan Walikota Tunda Mall Dibuka

DPRD Manado Hormati Keputusan Walikota Tunda Mall Dibuka
Komisi I DPRD Kota Manado saat meninjau Mega Mall
Posted by:

MANADO – Pemilik pusat perbelanjaan seperti mall-mall yang ada di Kota Manado tampaknya harus mengurungkan keinginan mereka untuk kembali membuka tempat usahanya.

Hal itu dikarenakan Walikota Manado, Vicky Lumentut akan kembali mempertimbangkan rencana mengijinkan pusat perbelanjaan dibuka seperti biasanya.

Salah satu alasan penundaan, disebabkan terus bertambahnya pasien yang terpapar Covid-19 di Kota Manado.

Langkah Lumentut mendapat dukungan dari lembaga DPRD Kota Manado yang sebelumnya telah merekomendasikan pusat perbelanjaan dibuka kembali.

“Jadi begini, pada waktu yang lalu kami dari Komisi I telah menerima aspirasi dari pengusaha dan karyawan Mall. Perjuangan aspirasi itu, hingga kami bertemu dengan Gubernur Sulut dan mendapat respon yang baik. Sehingga terbit Pergub nomor 44 Tahun 2020 tentang persiapan new normal. Pada pasal 1 angka 7 yang dapat diartikan memberikan kewenangan pemerintah kota dan kabupaten mengatur mekanismenya,” kata Benny Parasan, ketua Komisi I.

Lanjut dia, penundaan itu tentunya menambah panjang kesulitan ekonomi dari ribuan karyawan yang bergantung hidup di Mall-Mall. Sehingga soal kemanusiaan dan ekonomi saat ini masih menjadi masalah yang perlu mendapatkan solusi yang tepat.

“Pergub nomor 44 itu dapat diartikan sebagai pedoman untuk menjalankan aktifitas. Kalau Walikota menunda pembukaan Mall-Mall, saya kira beliau lebih memahami dan tahu kondisi Kota Manado saat ini. Walikota juga merupakan ketua gugus tugas Covid-19 yang pastinya mempunyai partimbangan khusus sehingga kebijakan ini diambil,” ungkap Parasan.

Dia pun mengakui, berdasarkan pantauan Komisi I, pengelola Mall-Mall sudah sangat siap kembali beroperasi dengan mengedepankan protokol kesehatan.

“Waktu yang lalu juga Walikota telah meminta proposal kepada pengelola untuk mempresentasikan tentang protap protokol kesehatan di mall-mall. Dan itu sudah dipenuhi dan telah dipantau langsung oleh Walikota. Dan setahu saya protap itu sudah sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang diharapakan Walikota. Tapi kembali lagi, Walikota lebih tahu kondisi kota ini sehingga mengambil kebijakan demikian,” pungkasnya. (wlk)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.