Pemkot Tomohon Terima Pengharhaan Dari BPS RI

Pemkot Tomohon Terima Pengharhaan Dari BPS RI

ManadoTempo Tomohon

bertempat diruang kerja Walikota Tomohon dilaksanakan acara penyerahan Piagam Penghargaan BPS RI, terkait suksesnya SP Online Kota Tomohon Tahun 2020 Pada Senin (27/7).

Sambutan Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak, CA yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, MSc menyampaikan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap respon penduduk yang ada di Kota Tomohon, yang berpartisipasi dalam pengisian Sensus Penduduk Online Tahun 2020.

Pencapaian persentase response rate ini merupakan kabar gembira untuk seluruh masyarakat, yang membuktikan bahwa koordinasi, kolaborasi dan sosialisasi antara pemerintah Provinsi, pemerintah Kota, BPS Provinsi, BPS Kota Tomohon, terbukti berjalan dengan baik dan saling bahu membahu untuk menyukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Badan Pusat Statistik Republik Indonesia yang sudah memberikan reward kepada Kota Tomohon. Sesuai yang kita lihat bukan hanya selembar kertas indah yang di figura, namun makna yang terlampirkan sangat tinggi dan luas dampaknya”, Ucap Walikota.

Walikota Tomohon menyampaikan secara pribadi tentu mengucapkan selamat dan ucapan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon yang sangat mendukung sensus ini, dan sukses mendapatkan penghargaan. Sehingga membuktikan bahwa rakyat Tomohon merupakan rakyat cerdas, patuh dan peduli.

“Kita harus pahami bersama bahwa akurasi data kependudukan merupakan kunci suksesnya pelaksanaan suatu program. Karena itu, pemerintah Kota Tomohon sejak awal berkomitmen mendukung kelancaran berbagai program sensus yang dilaksanakan badan pusat statistik”, tandas Walikota.

Walikota menegaskan, bahwa sensus penduduk bukan hanya urusan Badan Pusat Statistik, tetapi urusan bersama semua pihak. Ini bukan hanya kepentingan BPS, tetapi kepentingan bersama, kepentingan semua pihak.

Terlaksananya sensus penduduk dengan hasil data yang bagus akan menjadi dasar dalam pengambilan keputusan pemerintah, baik pusat, provinsi dan daerah. Kamipun mengajak semua pihak yang ada di kota tomohon untuk terus bersinergy dengan pemerintah Kota Tomohon.

Hal ini memerlukan kepedulian bersama, karena target-target pembangunan akan lebih tepat lagi kalau sensus penduduk bisa sukses seperti saat ini. Kami pun mengharapkan kerjasama yang terjalin antara pemerintah Kota Tomohon dan Badan Pusat Statistik terus di tingkatkan, sehingga berbagai program yang telah ditetapkan pemerintah dapat diikuti oleh seluruh warga Kota Tomohon yang sudah menerapkan smart city.

Oleh karena itu prestasi yang diraih saat ini kiranya akan mendorong BPS, untuk terus meningkatkan kapabilitasnya dan kamipun sebagai Pemerintah Kota Tomohon akan terus memberikan dukungan penuh bagi pelaksanaan program BPS yang ada di Provinsi Sulawesi Utara dan Kota Tomohon.

Melalui Kepala BPS RI Dr. Suhariyanto dan Kepala BPS Kota Tomohon Hirsfeld Manullang, S.Si, M.Si mengapresiasi Kota Tomohon yang masuk peringkat 10 besar secara nasional dalam SP Online dengan capaian 75,99% dan merupakan peringkat 1 se-Provinsi Sulawesi Utara.

Ini mengharuskan BPS RI memberikan penghargaan dalam prestasi sebagai kota dengan target capaian respon rate yang melebihi target dalam pelaksanaan SP Online.

BPS Kota Tomohon juga memberikan penghargaan kepada Kelurahan-kelurahan yang target capaian respon ratenya melebihi target dalam pelaksanaan SP Online. Yakni peringkat I Kelurahan Taratara III, peringkat II Kelurahan Rurukan I, peringkat III Kelurahan Pinaras.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BPS Kota Tomohon Hirsfeld Manullang, S.Si, M.Si, Ketua Mako SP 2020 Kota Tomohon Herman Tinungki, SE, Kepala Seksi Statistik Sosial Linda Oroh, SE, jajaran Pemerintah Kota Tomohon diantaranya para Asisten Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Camat dan Lurah yang mendapat piagam penghargaan. (cim)

 

 

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.