Dalam Rangka Coklik, KPU Sambangi DukCapil Tomohon

Dalam Rangka Coklik, KPU Sambangi DukCapil Tomohon

Manadotempo Tomohon

Pada pencocokan dan penelitian (Coklit) pemilih yang dilakukan oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) yakni Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) ditemukannya data penduduk yang kurang jelas.

Mendapatkan hal itu anggota Komisioner KPU Tomohon Bidang Data Pemilih, Vierna Pijoh SE bersama jajarannya, mengunjungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Tomohon, Jumat (31/7) yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil, Albert Tulus SH.

Ketua KPU Kota Tomohon, Drs Harryanto YS Lasut MAP, menjelaskan, “Kunjungan KPU ke Dinas Dukcapil Kota Tomohon itu dalam kerangka koordinasi. Intinya untuk memastikan soal keraguan yang dialami PPDP tentang data pemilih. Semisal ada data kependudukan KK maupun KTP yang ditemukan bermasalah. Ini kan harus dikoordinasikan karena semua data pemilih ada di Dinas Dukcapil,” ungkap Lasut via pesan WhatSappnya.

Lanjutnya, PPDP mendapati bahwa orang yang akan di-Coklit ternyata tidak lagi tinggal di tempatnya. Tentu hal ini perlu dicek, apakah yang bersangkutan mengurus surat pindah atau tidak. Ada juga, data sudah dipegang PPDP, tapi ketika dicari, orang tersebut tidak ditemukan. Bahkan ada yang tak punya dokumen kependudukan. Entah sudah melakukan perekaman atau belum.

“Bila orang itu telah melakukan perekaman, semestinya Dinas Dukcapil memberikan surat keterangan. Karena, data pemilih boleh berdasarkan surat keterangan dari Dinas Dukcapil. Jadi, masalah-masalah tersebut yang dikoordinasikan,” kunci Lasut.

Adapun untuk data-data kependudukan di Kota Tomohon sudah diserahkan Dinas Dukcapil kepada KPU beberapa waktu lalu. Itu termasuk data warga yang akan berusia 17 Tahun hingga tanggal 9 Desember 2020.(cim)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.