Beringin Tomohon Jaga Program Pembangunan Tangguh di APBD 2021

oleh

Manadotempo, Tomohon-Partai berlambang pohon beringin, Golongan Karya (Golkar) Kota Tomohon menyatakan akan mengkawal program pembangunan untuk rakyat Tomohon di APBD 2021.

Mengingat Golkar yang memiliki kursi mayoritas di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tomohon, bukan tidak mungkin program tangguh akan mulus disahkan.

Sesepuh Partai Golkar Tomohon Piet Pungus SPd, mengatakan melalui para wakil rakyat di DPRD yang berjumlah 10 ditambah satu personil Partai Demokrat yang bergabung di Fraksi Golkar, tentunya memiliki kekuatan untuk memuluskan program dan penganggaran yang tentunya menyentuh masyarakat.

”Ya, APBD tahun 2021 akan dibahas. Tentunya, dengan program-program yang menyentuh kepentingan rakyat, Partai Golkar akan terus memperjuangkannya di DPRD yang memiliki fungsi budgetting atau penganggaran,” kata Politisi Senior Golkar yang pernah dua kali duduk sebagai wakil rakyat di DPRD Tomohon ini. Senin (14/09/2020).

Selain itu, kata Pungus, program-program ini tentunya diusulkan oleh eksekutif di bawah pimpinan Wali Kota Jimmy Feidie Eman SE Ak CA yang notabene kader Golkar, dua periode Wali Kota dan dua periode Ketua DPD II Partai Golkar Tomohon.

“Untuk memperjuangkan program-program tersebut di APBD Tahun 2021, Golkar tidak sendirian. Di DPRD Tomohon ada Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Hanura yang tergabung dalam Fraksi Restorasi Nurani, masing-masing Nasdem 2 kursi dan Hanura 1 kursi,” ungkap Pungus

Dalam Pemilihan Kepala Daerah 9 Desember 2020, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Hanura dengan total 14 kursi di DPRD mengusung Jilly Gabriella Eman SE sebagai calon wali kota dan Virgie Baker SS MSi sebagai calon wakil wali kota.

Kemudian, untuk penganggaran kata Pungus, harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah, bukan sembarangan, apalagi mengumbar janji.

”Jadi, jika ada yang mengatakan menaikkan ini, menaikkan itu tanpa ada dasar jelas jangan cepat percaya. Apalagi menaikkan gaji lurah yang notabene PNS, itu kewenangan pemerintah pusat. Untuk honor kepala lingkungan, wakil kepala lingkungan dan Linmas itu dinakkan sesuai kemampuan keuangan daerah. Tentunya untuk kesejahteraan rakyat semuanya masuk program dari Partai Golkar,” tandas Pungus seraya meminta agar masyarakat diberi pendidikan politik yang benar.

Sementara, Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA mengatakan, untuk APBD Tomohon 2021 pihaknya telah menyiapkan program-program untuk kesejahteraan masyarakat Tomohon meski masih berada di tengah Pandemi Covid-19. ”Kita akan fokus pada pemulihan perekonomian yang tentunya untuk kesejahteraan masyarakat yang terlebih dahulu dibahas di DPRD,” tegas Walikota Eman.(inot)

No More Posts Available.

No more pages to load.