Edukasi Protokol Kesehatan, Walikota Kunjungi 5 Kelurahan di Kecamatan Bunaken

oleh -9 Dilihat
oleh

Manadotempo,Manado-Tak mengenal lelah, terus melanjutkan edukasi dan sosialisasi protokol kesehatan, Walikota Manado, DR. Ir. Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, Jumat (18/09/2020), mengunjungi 5 Kelurahan di Kecamatan Bunaken yakni Tongkaina, Meras, Molas, Bailang dan Pandu.

Dimana sosialisasi ini perlu digalakkan secara intensif dengan melibatkan langsung Kepala Lingkungan dan masyarakat sampai di tingkat paling bawah. Mengingat banyak warga yang masih abai terhadap protokol kesehatan guna memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 ini.

Pada kesempatan itu, Walikotapun mengajak kepada pemerintah kecamatan, kelurahan sampai ke kepala lingkungan bersama masyarakat untuk bergotong-royong memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan cara ketat dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan, dengan memakai masker, cuci tangan pakai sabun diair yang mengalir dan menjaga jarak, serta olahraga secukupnya dengan pola hidup bersih dan sehat.

“Setelah sosialisasi ini, akan dibentuk Satgas covid-19 di tingkat lingkungan se-kota Manado dengan merekrut relawan yang bertugas mengedukasi protokol kesehatan ditingkat lingkungan serta melaporkan perkembangan percepatan penanganan covid-19 ini dengan Satgas covid-19 kota Manado,” ujar Walikota.

Selain itu, Walikota juga menambahkan Satgas covid-19 di lingkungan ini akan dilombahkan, mulai dari tingkat kecamatan hingga kota, siapa yang terbaik dalam cara atau konsep percepatan penanganan covid-19 di lingkungan.

Satgas covid-19 ditingkat lingkungan ini adalah salah satu upaya menyiapkan masyarakat menghadapi fase adaptasi kebiasaan baru, kesehatan pulih, ekonomi bangkit. Termasuk didalamnya penerapan sanksi sosial bagi pelanggar protokol kesehatan, seperti olahraga, dipakaikan rompi yang bertuliskan ” Orang Kepala Batu” ataupun membersihkan sampah yang ada dilokasi mereka yang melanggar aturan tersebut.

“Mari kita disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan, bukan karena ada sanksi namun lebih dari pada itu, dalam kesadaran kita memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kota Manado,” tutur Walikota.

Diketahui Kecamatan Bunaken adalah Kecamatan ke 10 yang dikunjungi Walikota dalam edukasi dan sosialisasi protokol kesehatan serta Peraturan Walikota Nomor 24 Tahun 2020 Tentang Penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian corona virus di Kota Manado sebagai pelaksanaan ketentuan dalam Diktum kedua angka 6 Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 Tentang peningkatan disiplin dan penegakkan hukum Protokol Kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease.(jil)

No More Posts Available.

No more pages to load.