Pemkot Tomohon Gelar Pembinaan Keprotokolan

oleh

 

Manadotempo Tomohon

Pemerintah Kota Tomohon melalui Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan melaksanakan pembinaan keprotokolan yang dilaksanakan di Command Center MPP Tomohon, Rabu 02/12/2020.

Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak, CA yang dibacakan oleh PLH Sekretaris Daerah Kota Tomohon DR. Juliana D. Karwur, M.Kes, MSi : Mengatakan Dalam peran dan fungsi utama protokol meliputi persiapan dan pengaturan acara-acara dan upacara yang dilaksanakan pemerintah sehingga menjamin  suksesnya acara tersebut. Melaksanakan dan mengikuti kegiatan pimpinan serta mengurus perjalanan dinas pimpinan maupun tamu daerah. Begitujuga dengan pengaturan penjagaan keamanan, melaksanakan evaluasi dan membuat laporan pelaksanaan tugas protokol sekaligus melaksanakan tugas lainnya di bidang keprotokolan.

Ketika melaksanakan kebijakan pelayanan keprotokolan berpedoman pada kebijakan umum pemerintah kota tomohon. Untuk meningkatkan pelayanan prima maka petugas protokol harus terus dibekali dengan pedoman teknis agar pelayanan keprotokolan diharapkan semakin profesional, proporsional dan optimal.

Oleh karena itu para petugas protokol harus selalu berkoordinasi dan membangun sinergitas dengan pihak-pihak terkait dengan tujuan agar semua acara dapat berjalan dengan lancar rapi aman dan tertib. Begitu juga dalam pengawasan dan evaluasi kegiatan keprotokolan maka diperlukan peningkatan kinerja dan profesionalisme petugas keprotokolan.

Secara berjenjang dilakukan pengawasan struktural dan fungsional sesuai hirarki. Evaluasi dan pengawasan ini dilakukan secara terus menerus setelah menghadiri dan melaksanakan berbagai acara resmi. Ketika ada kesalahan dan kelalaian maka sangsi yang diberikan tentu sesuai ketentuan yang berlaku.

Pengaturan mengenai tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan telah diatur dalam undang-undang no 9 tahun 2010 tentang keprotokolan dan peraturan perundang-undangan lainnya.

Protokol sebagai penanggung jawab acara, karena tugas pokok protokol dalam penyelenggaraannya adalah memberikan informasi yang tepat kepada pimpinan dan mengatur kelancaran suatu kegiatan pimpinan termasuk di dalamnya seorang pembawa acara (mc) yang memegang peranan penting terhadap jalannya suatu acara.

Pada pasal 3 dalam uu keprotokolan bertujuan yaitu

  1. Memberikan penghormatan kepada pejabat negara, pejabat pemerintahan, perwakilan negara asing dan/ atau organisasi internasional, serta tokoh masyarakat tertentu, dan/ atau tamu negara sesuai dengan kedudukan dalam negara, pemerintahan atau masyarakat;
  2. Memberikan pedoman penyelenggaraan suatu acara agar berjalan tertib, rapi, lancar, dan teratur sesuai dengan ketentuan dan kebiasaan yang berlaku, baik secara nasional maupun internasional; dan
  3. Menciptakan hubungan baik dalam tata pergaulan antarbangsa.

Saya sangat berharap kegiatan yang sangat positif ini dapat memberikan pengetahuan dan ilmu kepada seluruh peserta dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan tugas yang berkaitan dengan keprotokolan sehingga kedepannya seluruh perangkat daerah di lingkup pemerintah kota tomohon dapat memahami dengan baik dan mengerti apa saja yang menjadi konsep dasar keprotokolan dalam tugas dan tanggung jawab petugas protokol di lingkup pemerintah kota tomohon, sehingga dapat mewujudkan pola pikir dan pola tindak serta kesamaan persepsi dalam melaksanakan tugas-tugas keprotokolan.

Tampil sebagai narasumber Kabag Protokol, Biro Protokol dan Hubungan Masyarakat Setda Provinsi Sulawesi Utara Drs. Jackson Ruaw, MSi.

Dalam laporan Kegiatan yang dibacakan oleh Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Tomohon Christo Kalumata, SSTP mengatakan Kegiatan diikuiti oleh para Camat, Lurah, Seklur se-Kota Tomohon. (redaksi)

No More Posts Available.

No more pages to load.