Pontororing: Daya Tampung Pasar Tomohon Bisa Mencapai 1000 Pedagang

oleh -18 Dilihat
oleh

Manadotempo, Tomohon-Pasar Tomohon akan segera dilakukan penataan. Menyusul, akan ada kuciran dana yangencapai ratusan miliar ahar kondisi pasar yang terkenal ekstrim ini semakin baik.

Dirut PD Pasar Ir Enos Pontororing mengatakan, dengan adanya penataan serta pembangunan akan berdampak positif dari sisi daya tampung pasar yang nantinya juga diarahkan CS-WL menjadi spot pariwisata unggulan.

Saat ini dihuni oleh sekira 500-600 pedagang. Meski begitu, Pontororing bilang, dengan ada rencana penambahan pembangunan infrastruktur. Daya tampung Pasar Wilken nantinya bisa mencapai 1.000 pedagang lebih.

“Pasar Wilken juga masuk dalam 20 program unggulan CS-WL. Saat ini yang aktif terdata ada 500-600 pedagang. Dari potensi yang dimungkinkan nantinya berkisar 1.000 lebih pedagang,” kata dia.

Sembari menambahkan, pihaknya pun kini tengah menanti alokasi penambahan penyertaan modal. Lewat hadirnya ranperda yang sementara dibahas bersama DPRD Kota Tomohon.

“Rincian penyertaan modal masih sementara dibahas. Pastinya jika cepat selesai, bisa menopang program menuju tata kelola pasar yang lebih baik,” pungkas Pontororing.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut SE menyebut, pihaknya kini tengah mengupayakan bantuan finansial dari pemerintah pusat. Jumlahnya pun tak sedikit, Rp.145 Miliar diplot WL, sapaan akrab Wawali, bakal dikucur pusat dalam waktu dekat.

“Sama seperti di Kabupaten Talaud kalau tidak salah. Pemerintah di sana sudah memasukkan proposal, dan telah disetujui pusat. Proyek revitalisasi pasar tradisional di sana, juga diarahkan ke arah modern tapi tetap mempertahankan kearifan lokal,” ujar WL.(redaksi)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.