Wawali Buka Kegiatan Sosialisasi Membumikan Pancasila

oleh

Manadotempo Tomohon

Wakil walikota Tomohon Wenny Lumentut Membuka sekaligus membawakan materi dalam kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Masyarakat Akan Nilai-nilai Luhur Budaya Bangsa yang digelar Badan Kesbangpol Kota Tomohon, Rabu (2/5) di Terung Kabasaran.

“Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sangat dibutuhkan integrasi sosial yang kuat, yang terbangun di atas landasan pemahaman akan nilai-nilai luhur bangsa,” kata Sundah.

Dijelaskannya, konsepsi kebangsaan yang mengekspresikan persatuan dalam keragaman, dan keragaman dalam persatuan (unity in diversity, diversity in unity), yang dalam slogan negara dinyatakan dalam ungkapan “Bhineka Tunggal Ika”.

“Negara pada dasarnya dibentuk berdasarkan kesepakatan yang dilakukan oleh masyarakat untuk mencapai tujuan bersama”, tuturnya.

Sundah menambahkan, Pembumian Pancasila sebagaimana yang telah diuraikan perlu dilakukan secara terstruktur, komprehensif dan berkelanjutan.

“Salah satu cara yang perlu dilakukan dalam membumikan Pancasila adalah melalui pelembagaan nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat”, Pungkasnya. (oby)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.