,

Polres Sitaro Sita Ribuan Botol Minol

oleh

Manadotempo Tomohon.

Dalam rangka menjaga stabilitas Keamanan menjelang pemilihan Kapitalau dibeberapa Kampung yang berada di Kabupaten Kepulauan Sitaro,  Polres Kepulauan Sitaro melaksanakan Kegiatan Kepolisian Rutin Yang Ditingkatkan dengan harapan agar supaya menjelang pemilihan Kapitalau dapat tercipta situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Berdasarkan hasil kegiatan Kepolisian tersebut, pada hari Minggu tanggal 29 Agustus 2021 Timsus TUMPARA mendapatkan informasi bahwa akan ada peredaran minuman keras tanpa ijin jenis Cap Tikus yang akan diedarkan atau dijual di wilayah Siau Timur dan Siau Barat. Selanjutnya pada pukul 06.30 Wita Tim TUMPARA dipimpin oleh BRIGADIR DON RIVAI TUMBIO langsung melakukan pemeriksaan terhadap beberapa kendaraan truk Ekspedisi yang diduga mengangkut minuman keras jenis Cap Tikus yang baru turun dari salah satu kapal penyeberangan, dan dari hasil pemeriksaan, anggota mendapatkan dua kendaraan yang mengangkut minuman keras jenis Cap Tikus yang dikemas dalam Dus air mineral dengan jumlah 5 (lima) Dus dengan isi 45 botol Cap Tikus dalam kendaraan yang dikendarai oleh lelaki inisial SP warga Kecamatan Siau Barat Utara. Kemudian dilanjutkan pemeriksaan terhadap kendaraan lainnya ditemukan 2 (dua) Dos berisikan 40 (empat puluh) Botol Cap Tikus yang dikemas dalam botol air mineral dalam kendaraan yang dikendarai oleh lelaki inisial AK warga Kecamatan Siau barat Utara.

Selain dua kendaraan yang dilakukan pemeriksaan tersebut Tim mencurigai bahwa ada dua kendaraan lainnya diduga  mengangkut minuman keras jenis Cap Tikus namun anggota Tim TUMPARA mendapat kendala untuk melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan tersebut dimana pada saat itu tidak ada kegiatan pembongkaran barang Ekpedisi dikarenakan hari Minggu tidak ada buruh yang bekerja dan selanjutnya Kasat Reskrim IPTU REVIANTO ANRIZ, S.Tr.K memerintahkan agar anggota tetap mengawasi kendaraan tersebut sampai dilakukan pembongkaran.

Selanjutnya pada hari Senin tanggal 30 Agustus 2021 sekitar pukul 08.00 Wita  KBO Reskrim IPDA RIVI R. TAWALUJAN, S.H bersama dengan Tim TUMPARA langsung melakukan pembongkaran terhadap kendaraan yang diduga mengangkut minuman keras jenis Cap Tikus dan dari hasil pembongkaran tersebut benar didapati minuman keras tanpa ijin jenis Cap Tikus sebanyak 51 Dus yang dikemas dalam kantong plastik yang diperkirakan berjumlah 1275 (seribu dua ratus tujuh puluh lima) Liter dalam kendaraan Ekspedisi yang dikendarai oleh lelaki inisial ZS warga Kecamatan Siau Timur selanjutnya dilakukan pembongkaran terhadap kendaraan yang lainnya yang dikendarai oleh lelaki inisial TP didapatkan minuman keras tanpa ijin jenis Cap Tikus sejumlah 5 (lima) Gelon berisi 24 (dua puluh empat) Liter/Gelon.

Dari hasil interogasi awal terhadap para sopir pengangkut miras tanpa ijin tersebut bahwa minuman keras tersebut diambil dari wilayah Minahasa Tenggara dan sebagian diwilayah Minahasa Utara dan selanjutnya dibawah menggunakan transportasi penyeberangan Laut untuk diedarkan atau dijual diwilayah Kepulauan Sitaro.

Setelah itu minuman keras tanpa ijin jenis Cap Tikus langsung dibawah dan diamankan ke Mapolres Kepulauan Sitaro untuk dilakukan proses selanjutnya.

Adapun modus yang digunakan oleh para pelaku tersebut yaitu   Miras ditumpuk didasar Truk paling bawah dan ditutupi dengan Material-material lainnya berupa Tripleks, Keramik serta Sembako dan Barang-barang lainya yang berada di Truk.

Dari hasil kegiatan tersebut diamankan minuman keras tanpa ijin jenis Cap Tikus berjumlah total 1446 (seribu empat ratus empat puluh enam) Liter. Yang dikemas dalam berbagai  macam yaitu :

a. 51 (lima pulu satu) Dos dikemas dalam kantong plastik 25 Liter.
b. 7 (tujuh) Dos yang dikemas dalam botol air mineral
c. 5 (lima) Gelon dengan kapasitas 24 liter/Gelon.

Sesuai dengan komitmen dan penegasan dari Kepolisian Resor Kepl. Sitaro yang ditegaskan oleh Kasat Reskrim IPTU REVIANTO ANRIZ, S.Tr.K pada kegiatan Sosialisasi Perizinan minuman beralkohol yang diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang dihadiri oleh para pelaku usaha yang ada di Siau dimana tidak ada toleransi terhadap peredaran minuman keras tanpa ijin khususnya Cap Tikus dan pihak Kepolisian Resor Kepl. Sitaro akan menindak tegas bagi siapa yang menjual dan mengedarkan Miras diwilayah hukum Polres Kepl. Sitaro. Oleh karena itu  Polres Kepulauan Sitaro akan terus melakukan pengawasan dan pengendalian peredaran minuman beralkohol tanpa ijin, demi menjaga stabilitas Keamanan diwilayah hukum Polres Kepl. Sitaro. Dimana setiap tindakan Kriminal maupun peristiwa Lakalantas terjadi disebabkan karena pengaruh minuman keras. (Oby)

No More Posts Available.

No more pages to load.