Sidak! Warokka: Permendag Minyak Goreng 14 Ribu/Liter

oleh -92 Dilihat
oleh
Kadisperindag Manado Hendrik Warokka periksa harga minyak goreng di sejumlah supermarket.(istimewa)

Manado Tempo-Kepala Disperindag Kota Manado Hendrik Warokka masih menemukan masih supermarket yang menjual minyak goreng dengan harga di atas Rp14.000.

Sebut saja, Transmart Bahu, Indomaret Boulevard dan Freshmart Bahu, Jumat (21/1/2022) ketika Disperindag Manado gelar inspeksi mendadak (Sidak)

Padahal ditehaskan Warokka disela-sela Sidak, lewat Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 02 Tahun 2022 tentang Kebijakan dan Pengaturan Ekspor, seluruh minyak goreng, baik kemasan premium maupun kemasan sederhana, dijual dengan harga setara Rp 14.000 per liter untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga serta usaha mikro dan kecil.

Warokka mengatakan, berdasarkan temuan di lapangan, Disperindag akan memanggil pengelola Transmart Bahu untuk meminta klarifikasi.

“Di Transmart Bahu kami temukan di label harga (minyak goreng) masih tertera harga yang lama. Kami akan memanggil pengelola untuk mempertanyakan apakah ini kelalaian atau sudah melakukan penyesuaian (harga) tetapi belum menempatkan lebel sesuai harga yang ditetapkan pemerintah yakni Rp14 ribu per liter,”kata Warokka.

Ia manambahkan, pemerintah telah menyiapkan sanksi jika ada retail modern yang tidak mematuhi kebijakan minyak goreng satu harga tersebut.

“Pertama sanksi penutupan sementara kegiatan usaha dan kalau itu pun tidak diindahkan maka diadakan pencabutan izin usaha yang sedang dijalankan. Untuk menghindari hal ini, pelaku usaha retail modern di Manado harus mematuhi aturan ini,”pungkasnya.

Sementara Manajemen Transmart Bahu saat dimintai keterangan terkait temuan tersebut menyebut, pihaknya terkendala dengan kurangnya tenaga kerja untuk melakukan pergantian harga minyak goreng.

“Manpower (tenaga kerja) kita kurang sehingga pergantian harga (minyak goreng) di toko belum maksimal. Tapi kita sudah menyesuaikan dari program pemerintah Rp14.000 untuk 1 liter (minyak goreng),” tandasnya.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.