Gereja Sion Tomohon Resmi Jadi Cagar Budaya, HVK : Jaga Dan Lestarikan Semua Cagar Budaya

oleh -10 Dilihat
oleh

Gereja

Manado Tempo – Pemerintah dan Warga Sulut pada umumnya, lebih khusus lagi Kota Tomohon patut bersyukur dan bangga.

Gereja Sion Tomohon yang berada di tengah kota religi ini, diresmikan menjadi situs Cagar budaya peringkat nasional, berdasarkan keputusan menteri pendidikan kebudayaan riset dan teknologi No.128/M/2021.

Sebelumnya, di Provinsi Sulawesi Utara terdapat situs cagar budaya peringkat nasional Makam Tuanku Imam Bonjol dan Makam Kyai Mojo.

Perasaan bangga dan haru pun dirasakan oleh Wakil Ketua Komisi 1 Bidang Pemerintahan dan Hukum Herol Vresly Kaawoan (HVK).

Jelas Kaawoan, ini merupakan salah satu tindak lanjut Kunjungan kerja lintas komisi DPRD Provinsi Sulawesi utara tanggal 21 Maret 2021 di Direktorat jendral kebudayaan
Yang di sampaikan Bpk Fatwa Yulianto (Kasubag tata usaha).

“Saya mengajak kita semua Masyarakat Sulut dan terlebih khusus masyarakat kota tomohon menjaga dan melestarikan cagar budaya yang sudah di resmikan Bpk Gubernur Sulut Bpk Olly Dondokambey,” imbau HVK.

Tambah HVK dengan menjaga jagar budaya yang ada bahkan situs bersejarah akan dapat memberikan Multiplier Effect buat masyarakat kota tomohon baik dari segi sisi ekonomi maupun pariwisata.

Sebagaimana diketahui rekam historisitas gereja GMIM Sion Tomohon menunjukkan bahwa bangunan ini ditahbiskan untuk pemakaiannya pertama kali pada 23 Februari 1939.

Insinyur Sukarno, Presiden pertama Republik Indonesia pernah berpidato di mimbar gereja ini. (Desi)

No More Posts Available.

No more pages to load.