Kapolda Sulut Keynote Speaker Pembekalan Narsum Wawasan Kebangsaan

oleh

 

Manado Tempo – Kapolda Sulut Irjen Pol Drs.Mulyatno, SH.MM dipercaya sebagai Keynote Speaker, bagi Pimpinan dan anggota DPRD Sulut serta Para Akademisi sebagai Nara Sumber sosialisasi wawasan kebangsaan.

Kegiatan Sosialisasi ini dibuka oleh Ketua DPRD Sulut dr.Fransiskus Andi Silangen, SPb.KBD, Selasa (21/06/2022) diruang rapat paripurna DPRD Sulut.

Silangen memberikan apreseasi kepada Kapolda Sulut yang mau membagi ilmu.

“Kita bersyukur karena Pak Kapolda yang memiliki pengetahuan yang komprehensif soal wawasan kebangsaan akan memberi referensi bagi kita untuk dapat berbagi kepada masyarakat lainya,”ungkap Ketua Dewan.

Tambah Silangen, kemampuan sangat rugi jika pengetahuan dari Pak Kapolda tidak diserap oleh para narasumber.

Sementara Itu Kapolda Sulut Menjelaskan Wawasan kebangsaan adalah cara pandang yang dilandasi akan kesadaran diri sebagai warga dari suatu negara, akan diri dan lingkungannya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Kapolda Mulyatno.

Kapolda Sulut saat menyampaikan materi (21/06)

Kapolda memaparkan empat konsensus dasar bangsa yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, serta tentang revolusi mental.

Wawasan kebangsaan dalam sebuah negara ini, katanya sangat penting sekali dan harus selalu dihidupkembangkan terus.

“Supaya semua masyarakat tanpa terkecuali, baik pejabat maupun masyarakat umum, memiliki wawasan kebangsaan yang kuat sehingga mampu berkontribusi menjadi warga negara yang baik dan berkontribusi kepada negara,” katanya.

Ia mengatakan wawasan kebangsaan juga memegang peranan penting dalam menjamin eksistensi dan kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Ini bukan berarti wawasan kebangsaan kita lemah, tidak ya, tetapi wawasan kebangsaan itu harus ditingkatkan terus supaya kita semakin sadar akan wawasan kebangsaan,” jelasnya.

Kapolda berharap, seluruh peserta bisa menyerap materi yang diberikan dengan baik dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Mudah-mudahan para peserta dapat menyerap materi wawasan kebangsaan yang diberikan, kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga akan menjadi orang-orang yang berguna bagi negara, dan menjadi orang-orang yang Pancasilais,” katanya.

Glady Kawatu,SH.MSi.Sekwan Sulut saat menyampaikan laporan kegiatan

Sekwan Sulut Glady Kawatu, SH MSi dalam laporan kegiatan menjelasakan bahwa kegiatan ini didasarkan pada Peraturan DPRD dengan maksud agar ada satu persepsi yang sama bagi semua nara sumber.

” Tujuan Pembelakan nara sumber sosialisasi wawasan kebangsaan pimpinan dan anggota DPRD Sulut tahun 2022 untuk menyatukan visi dan persepsi semua narsumber baik pimpinan dan anggota yang langsung menjadi narsum atau perwakilan atas wawasan kebangsaan,”jelas Kawatu.

Pantauan www.manadotempo.com selain Ketua DPRD yang hadir juga Ketua Komisi 1 Raski Mokodompit, Wakil Ketua Komisi 1 Braien Waworuntu dan anggota Fabian Kaloh dan sejumlah anggota dewan yang hadi secara virtual.

Selain Kapolda Sulut sebelumnya juga Nara sumber yang memberikan pembekalan Mewakili Kepala Biro Hukum Sekdaprov Sulut Kabag Peraturan Perundang- undangan an Kab /Kota Bpk Felix Lalombombuida, SH.MH .

Sejumlah peserta terpantau antusias mengikuti pembekalan bahkan aktif menyampaikan masukan dan pertanyaan kepada Kapolda Sulut. (DESI)

No More Posts Available.

No more pages to load.