Di Cafe Pejuang Lingkungan Bisa Tukar Sampah Dengan Kopi 

oleh

MINSEL-Bagi warga penikmat kopi tak perlu bingung untuk bisa menikmati kopi meskipun tidak memiliki uang.

Pasalnya di Cafe Pejuang Lingkungan yang beroperasi di kompleks kantor bupati Minahasa Selatan (Minsel) atau tepatnya disampaikan kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyediakan layanan penukaran sampah dengan kopi.

Adapun jenis sampah yang bisa ditukar dengan kopi adalah sampah botol plastik, kardus, kertas dan besi. “Memang benar di cafe pejuang lingkungan melayani penukaran sampah dengan minuman kopi. Cukup dengan membawa 10 botol bekas air mineral dalam ukuran sedang, pengunjung bisa menikmati secangkir kopi,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Roi Sumangkut, saat diwawancarai awak media ini beberapa waktu lalu.

Sumangkut menjelaskan, pembuatan dan pengoperasian Cafe Pejuang Lingkungan oleh Pemkab Minsel dalam hal ini DLH bekerjasama dengan bank sampah induk Kace Kai Ang, memiliki berbagai manfaat diantaranya sebagai upaya dalam penanganan masalah sampah serta membantu mendongkrak perekonomian pihak-pihak yang terlibat. “Ada dua manfaat sekaligus yang bisa dinikmati oleh pengunjung maupun pengelola. Yakni pengunjung bisa menikmati kopi tanpa harus mengeluarkan uang atau kata lain ada penghematan. Demikian pula bagi pengelola, bisa menjadi salah satu solusi dalam penanganan masalah sampah serta mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan sampah,” jelasnya.

Dia menambahkan, Cafe Pejuang Lingkungan merupakan ide dan gagasan Bupati Franky Donny Wongkar dan Wakil Bupati Petra Yani Rembang yang ditindaklanjuti oleh jajaran DLH.

Terobosan-terobosan Pemkab Minsel dalam hal penanganan masalah sampah, menuai apresiasi dan penghargaan dari tokoh masyarakat Minsel Julian Pongajow. “Pembuatan dan pengoperasian Cafe Pejuang Lingkungan adalah satu inovasi yang sangat bagus serta memiliki dampak positif. Karena baik pengelola maupun pengunjung, sama-sama mendapatkan keuntungan. Demikian pula dengan teratasi masalah sampah, membuat kelestarian lingkungan akan tetap terjaga,” ucapnya.(AP).

No More Posts Available.

No more pages to load.