JERRY : DPRD Sulut Diberi Waktu 3 Minggu Laksanakan Sosper Dan Sosbang

oleh
Kabag Persidangan Sekretariat DPRD Sulut, Jerry Kristofel Hamonsina, S.STP

 

Manado Tempo – Dalam upaya memberikan pemahaman terkait Peraturan daeran (PERDA) yang telah ditetapkan DPRD serta memberi pemahaman terkait dengan wawasan kebangsaan yakni empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, maka pimpinan dan anggota DPRD Sulut akan menggelar sosialisasi peraturan daerah (Sosper ) dan sosialisasi wawasan kebangsaan (sosbang).

Sekwan Sulut Ir.Sandra Moniaga, M.SI yang dikonfrimasi melalui Kepala bagian Persidangan Jerry Kristofel Hamonsina, S.STP membenarkan soal agenda ini.
Jelasnya (Rabu, 30/11/2022) berdasarkan hasil Banmus maka telah disepakati untuk pelaksanaan sosper dan sosbang dalam kurun waktu 3 minggu.
“Kami memberikan waktu kepada anggota DPRD untuk menentukan kapan pelaksanaan sosper dan sosbang dilaksanakanakan apakah minggu pertama, kedua atau ketiga. Terserah kesiapan waktu mereka,” jelas Hamonsina.

Untuk pelaksanaan sosper jelasnya, anggota Dewan wajib menghadirkan nara sumber. Namun bisa saja dilakukan oleh Anggota dewan bersangkutan namun tidak dibayar karena bagian daei Tugas,pokok dan fungsi DPRD.

Namun untuk Sosbang, urainya bisa anggota dewan menjadi narsum namun pembiayaannya 50 persen dari anggaran untuk narsum.

Tambah Hamonsina baik sosper maupun sosbang dilaksanakan di 2 titik dengan jumlah peserta disetiap titik 50 orang.
“Setiap anggota Dewan yang melaksanakan sosper maupun sosbang disetiap titik 50 orang peserta, dengan uang duduk masing masing Rp.100.000,” jelasnya.

Adapun Komponen pembiayaan yakni
Uang duduk Rp.10.000.000
Konsumsi Rp.15.000.000
Sewa Tempat Rp.1.500.000
Honor Nara Sumber Rp.6.000.000
Dihitung setiap jam.Rp.1.000.000
Moderator Rp.700.000
Mc Rp.400.000.

Tambah Hamonsina materi untuk pelaksanaan sosper ini masih menyangkut Perda Fakir Miskin dan Anak terlantar serta Perda Perlindungan dan Pemberdayaan Disabilitas.
(DEASY)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.