TPID Tomohon Kawal Kebutuhan Pokok Hari Natal

oleh -2624 Dilihat
oleh

Manadotempo—Jelang Hari Natal 25 Desember 2017 dan menghadapi Tahun Baru 2018 pergerakan harga bahan pokok ikut merangkak naik. Pemkot Tomohon pun langsung bergerak cepat dengan menggelar Rakor Tim Pengendalian Inflasi Daerah(TPID) tahun 2017. Tindaklanjutnya, TIPD dipastikan akan mengawasi bahan pokok dengan merekomendasikan pasar murah untuk sembilan bahan pokok, pengecekan ketersediaan komoditi dan sweeping di pasar swalayan terkait barang yang sudah berada pada masa expired.

Hal ini ditegaskan Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak yang diwakili oleh Asisten Perekonomian Ronni Lumowa SSos MSi untuk menyambut hari besar keagamaan umat Kristiani di kota Tomohon.

Lanjut Lumowa, TPID di Kabupaten/Kota telah diberikan tugas berdasarkan Keputusan Mendagri Nomor 500.05.8135 tahun 2017 untuk melakukan pengumpulan data dan informasi termasuk perkembangan harga barang kebutuhan pokok dan penting serta jasa pada tingkat Kabupaten/Kota. TPID diberi tugas menyusun kebijakan pengendalian inflasi di daerah yang arah kebijakan dimaksud harus berpedoman dan memperhatikan kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah melalui tim pengendalian inflasi nasional dan pada level provinsi.

“TPID juga diharapkan mampu melaksanakan tugas dalam upaya memperkuat sistem logistik di daerah bersama dengan instansi dan lembaga lainnya yang sangat terkait dan senantiasa melakukan fungsi koordinasi dengan tim pengendalian inflasi nasional dan provinsi dalam melakukan langkah-langkah strategis terhadap penyelesaian hambatan dan permasalahan yang sewaktu-waktu dapat terjadi di daerah agar supaya inflasi di daerah dapat terkendali dengan baik,” ungkapnya.

Kata Lumowa, Kota Tomohon dalam penjabaran struktur permendagri ini, telah mengalami perubahan susunan Tim yang dilengkapi dengan Pokja ketersediaan dan distribusi pangan, Pokja informasi dan komunikasi serta Pokja kerjasama. Pada masing-masing Pokja memiliki tugas berbeda-beda.

Kabag Perekonomian Tomohon Harni Korompis SE menyatakan, intinya dalam kegiatan ini, Pemkot Tomohon mengkoordinasikan pelaksanaan TPID dan merumuskan mekanisme dan tata kerja TPID Kota Tomohon. Hadir TPID Kota Tomohon, Wakapolres Tomohon Kompol Joice Wowor SH, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Ir Hanny Wajong MSi, BI Zulham Effendy, Kepala BPS Tomohon Hirsfeid Manullang SSi Msi, Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Tomohon Sugandi Mokoagouw SH. (tor)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.