Menuju Pasar Sehat, Pemkot Perketat Pengawasan Pasar Beriman Tomohon

oleh -7 Dilihat
oleh

Manadotempo, Tomohon-WaliKota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak menegaskan, sebagai Pasar Tradisional yang tergolong terbesar di Indonesia, Pasar Beriman Tomohon harus berstatus Pasar Sehat. Untuk itu, dikatakannya akan memperketat pengawasan pasar di Kelurahan Paslaten I Tomohon Timur ini.

Ini dikatakannya, kala membuka kegiatan Forum Advokasi Komitmen Pemerintah Daerah dan Lintas Sektor dalam rangka Implementasi Pasar Aman dari Bahan Berbahaya yang dilaksanakan Balai Besar POM Manado, di Ruang Rapat Lantai 3 Sekda Kota Tomohon Selasa, (22/05/2018).

Menurut walikota, sesuai Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 519/Menkes/SK/VI/2008 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pasar Sehat, Pasar Tradisional didefinisikan sebagai pasar yang berlokasi permanen, adanya pengelola sebagian besar barang untuk diperjualbelikan yang adalah kebutuhan dasar sehari-hari dengan praktek perdagangan dan fasilitas infrastruktur yang sederhana, serta adanya interaksi langsung antara penjual dan pembeli.

Pasar Tradisional dapat dikategorikan sebagai pasar sehat tambah Walikota Eman, bila memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, yaitu persyaratan dari aspek lokasi pasar, kondisi fisik bangunan, sanitasi air dan bangunan, prilaku hidup sehat dan bersih serta fasilitas lain yang menunjang.

“Kami sangat berterima kasih kepada Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Manado yang boleh menyelenggarakan kegitan ini, dengan maksud untuk menjamin keamanan pangan bagi masyarakat dengan strategi program yaitu Pelatihan, Pengawasan, Advokasi, Monitoring, dan Evaluasi serta Replikasi Pasar,”terang Walikota Eman.

Hadir dalam kegitan tersebut Kepala Sub Direktorat Pemberdayaan Pelaku Usaha Badan POM RI Dra Sulistyorini MSc, Kepala Balai Besar POM Manado Dra Rustyawaty Apt MKes Epid, Sekretaris Daerah Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh, serta jajaran Pemerintah Kota Tomohon.(tor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.