Diskominfo Manado Gelar Monev Website PD Kota Manado

oleh

Manadotempo, Manado-Memberikan pelayanan dan penyampaian informasi publik yang maksimal untuk menunjang program-program Pemerintah mewujudkan Visi dan Misi Manado Kota Cerdas.

Tak heran, setiap Perangkat Daerah (PD) dilingkungan Pemkot Manado diwajibkan memanfaatkan Teknologi Informasi dengan memiliki Website sebagai media penyampaian informasi yang cepat kepada masyarakat.

Meski website masing-masing PD ada yang belum dikelola sesuai dengan tujuan hingga Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Manado melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) langsung ke PD untuk mendapatkan informasi terkait kendala yang dihadapi sekaligus melakukan pendampingan dan pelatihan kembali kepada pengelola website yang mengalami kendala secara teknis.

Monitoring adalah suatu proses pengumpulan dan menganalisis informasi dari penerapan suatu program termasuk mengecek secara regular untuk melihat apakah kegiatan/program itu berjalan sesuai rencana sehingga masalah yang ditemui dapat diatasi.

Evaluasi adalah suatu proses dari pengumpulan dan analisis informasi mengenai efektivitas dan dampak suatu program dalam tahap tertentu sebagai bagian atau keseluruhan dan juga mengkaji pencapaian program.

Maksud dan tujuannya dilakukan monitoring dan evaluasi di berbagai PD agar diperolehnya data dan informasi tentang kendala yang dialami oleh masing-masing PD khususnya pengelolah website (operator), dan melakukan pendampingan atau pelatihan kembali kepada setiap operator web yang mengalami kendala dalam mengelolah web/update konten web.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Website PD dilaksanakan di 20 (Dua Puluh) PD mulai dari bulan Januari sampai Februari 2019, diantaranya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil, Satuan Polisi Pamong Praja, Badan Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan kebudayaan, Badan Penanggulangan Bencana, Dinas Perindustrian dan perdagangan, Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Dinas Lingkungan hidup, Inspektorat, Dinas Sosial, Dinas Pendapatan Daerah, Dinas Perhubungan, Dinas Pangan, Badan KesbangPol, Bagian Pemerintahan dan Humas dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Setelah melakukan monitoring dan evaluasi website PD ternyata ada kendala yang terjadi seperti kendala teknis sampai pada kendala infrastruktur jaringan dan perangkat komputer yang belum tersedia di beberapa PD. Kendala lain adalah kekurangan personil yang kompeten untuk mengelolah konten (Menulis Artikel) website.(tor)

No More Posts Available.

No more pages to load.