Pemkab Pegunungan Bintang Papua Belajar Pengelolaan Keuangan di Tomohon

oleh -10 Dilihat
oleh

Manadotempo, Tomohon-Pengelolaan keuangan Pemkot Tomohon yang terus mendapat apresiasi dari BPK RI dengan memberikan opini wajar tanpa pengecualian, jelas menjadi modal Pemkot Tomohon yang digawangi Walikota Jimmy Feidie Eman SE Ak CA.  

Benar saja, Pemkot Tomohon melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) menerima kunjungan kerja Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) bersama Inspektorat Pemkab Pegunungan Bintang Papua, Senin (13/05/2019).

Ketua Tim Ir Erna Somalinggi MSi Inspektur Kabupaten Pegunungan Bintang mengatakan maksud dan tujuan kunjungan adalah untuk menimba ilmu kaitan pengelolaan keuangan di Pemkot Tomohon, terlebih lagi yang berkaitan dengan pengelolaan kas dengan metode pembayaran non tunai.

“Dalam berbagai media kami melihat, banyak prestasi yang diraih Pemerintah Kota Tomohon dalam hal pengelolaan keuangan dan itulah yang menjadi acuan kami mengunjungi Kota Tomohon,” ujar Somalinggi.

Lanjutnya, penilaian BPK RI Pemkot Tomohon sudah 5 (lima) kali meraih opini WTP, yang lebih heboh saat ini Pemkot Tomohon sudah sementara menerapkan berbagai bentuk pembayaran secara non tunai. “Hal ini sungguh luar biasa, inilah yang akan kami pelajari di Pemkot Tomohon,” puji Somalinggi.

“Apa yang kami peroleh saat ini, tentu menjadi terobosan baru, yang pasti kami pun akan mengimplementasikan dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan di daerah kami,” imbuhnya.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA diwakili Asisten Perekonomian Setda Kota Tomohon Ir Djoike Karouw MSi saat menerima rombongan memberikan apresiasi kepada jajaran Pemkab Pegunungan Bintang yang memilih Kota Tomohon sebagai tempat timba ilmu, terima kasih atas penghargaan ini.

“Kami akui sampai saat ini Pemkot Tomohon banyak terobosan baru dalam hal pengelolaan keuangan, hal ini sukses oleh karena dukungan kerja sama dari berbagai pihak, didalamnya seluruh pegawai yang ada di jajaran Perangkat Daerah bahkan dukungan dari komponen masyarakat Kota Tomohon. Hal ini juga berdampak pada keberhasilan pengelolaan keuangan, seperti memperoleh penilaian opini WTP dari pihak BPK RI,” ujar Karouw.

Sekretaris Badan Keuangan Daerah Kota Tomohon Djon S Liuw SPi menambahkan Pemerintah Kota Tomohon dalam berbagai bentuk pembayaran, sudah memberlakukan pembayaran dalam bentuk non tunai, walaupun belum 100 %. “Tetapi kedepan mulai 1 Juni 2019, pembayaran disemua Perangkat Daerah akan dilakukan dengan cara non tunai,” terang Liuw.

Diakhir kunjungan, Pemkot Tomohon menyerahkan cendera mata ke Jajaran Pemkab Pegunungan Bintang. Ikut hadir jajaran BKD Kota Tomohon.(tor)

No More Posts Available.

No more pages to load.