Simtim E-planing SIMDA, Walikota Eman: Rencana Pembangunan Berkualitas

oleh -9 Dilihat
oleh

Manadotempo, Tomohon- Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman membuka Traning Penerapan e-Planning SIMDA Integrated, Kamis (31/10/2019), di Hotel Mercure Tateli Minahasa.

Dijelaskan Walikota Eman, penggunaan sistem e-planning SIMDA Integrated dalam pembangunan ini diharapkan dapat menjadikan target pembangunan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Pasaknya lanjutnya, itu didasarkan pada data informasi yang terintegritas didalam sistem, bahkan penerapan aplikasi e-planning dalam perencanaan pembangunan daerah dapat memberikan kemudahan bagi semua pihak, baik masyarakat maupun semua pemangku kepentingan terhadap akses informasi sebagai acuan untuk berpartisipasi dan melakukan pengawasan.

Disatu sisi Walikota menjelaskan, permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing daerah berbeda dalam perencanaan pembangunannya. Kondisi tersebut menandakan bahwa proses perencanaan pembangunan berkaitan erat dengan isu-isu strategis dan karakteristik pada daerah itu sendiri.

“Pembangunan yang mensejahterakan adalah pembangunan yang dimulai dari perencanaan yang tepat sasaran. Pemerintah Kota Tomohon membutuhkan komitmen dari seluruh pihak dalam penerapan e-planning SIMDA integrated sebagai upaya mewujudkan rencana pembangunan daerah yang berkualitas,” tegas Walikota Eman.

Untuk diketahui, E-planning adalah sebuah alat yang dapat mengintegrasikan penyusunan RPJMD, RKPD, KUA/PPAS, KUA/PPAS Perubahan, RKPD Perubahan kota tomohon agar dapat terselesaikan dengan mudah, cepat, tepat dan sesuai dengan amanat permendagri no. 86 tahun 2017. Kemudian, dengan adanya alat bantu e-planning, Bapelitbangda dapat memaksimalkan sistem untuk menyajikan analisa yang sangat informatif bagi para pemangku kepentingan. Pentingnya proses perencanaan pembangunan di masing-masing daerah memberi tanda bahwa setiap daerah harus dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam proses pembangunan dengan harapan pelaksanaan pembangunan daerah dapat berjalan lebih efektif sesuai dengan yang telah direncanakan.

Kepala Bapelitbangda Kota Tomohon Royke Roeroe, SP.MAP, mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman umum kepada para perangkat daerah dan kepala unit perangkat daerah.

Narasumber, Kepala Perwakilan BPKP Prov. Sulut Bpk. Sofyan Antonius Ak, MM, CA, QIA, Sekretaris Daerah Tomohon Ir. H.V. Lolowang, M.Si, dihadiri seluruh kepala perangkat daerah Pemkot Tomohon, para operator Simda dan tim kerja/panitia serta staf Bapelitbangda.(tor)

No More Posts Available.

No more pages to load.