Pemkot Tomohon Gelar Reviu LKPD 2019

oleh -17 Dilihat
oleh

Manadotempo, Tomohon-Pemkot Tomohon gelarb bimbingandan konsultasi reviu LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) Tahun 2019 bagi Inspektorat se-Provinsi Sulawesi Utara yang digelar di Grand Master Resort Tomohon, Rabu (05/02/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara kerjasama dengan Inspektorat Kota dan akan berlangsung selama tiga hari, 5 – 7 Februari.

Walikota Tomohon melalui Sekkot Harold Lolowang menjelaskan bahwa reviu atas LKPD dilakukan untuk memberikan keyakinan atas kualitas LKPD dan dilakukan dalam rangka penyusunan pernyataan tanggung jawab atas laporan keuangan dimana pernyataan tanggung jawab tersebut menyatakan bahwa laporan keuangan telah disusun berdasarkan sistem pengendalian intern yang memadai dan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).

“Apabila Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) yang melakukan reviu menemukan bahwa terdapat kekurangan, kesalahan dan penyimpangan dari Standar Akuntansi Pemerintahan dan peraturan lainnya, maka APIP memberitahukan hal tersebut kepada entinitas yang direviu untuk dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya.

“Adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan APIP dalam melaksanakan reviu LKPD, sehingga hasil pemeriksaan laporan keuangan, akan memperoleh opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan,” ucap Sekkot Lolowang.

Inspektur Kota Tomohon Jeane Bolang SH MH, lewat Sekretaris Inspektorat Herry Rindengan SH selaku ketua tim kerja kegiatan ini mengatakan tujuan kegiatan ini diantaranya adalah untuk peningkatan akuntabilitas keuangan dan kinerja Pemerintah Daerah dan kualitas LKPD, selain itu sebagai sarana komunikasi antara APIP se-Provinsi Sulut.

Kepala BPKP Provinsi Sulut Sofyan Antonius Ak MM CA QIA berharap kepada jajaran Inspektorat sebagai peserta, benar-benar mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga dapat mengawal reviu LKPD dan standar akuntasi pemerintah, dan tentu hal ini terus menjadikan Pemerintah menuju lebih baik lagi dalam proses pengelolaan keuangan.(tor)

No More Posts Available.

No more pages to load.