Lembaga Survey Lokal Sulut Menangkan AA-RS

oleh

Manadotempo, Manado-Lingkaran Survey Indonesia (LSI) Network telah merilis survey terbaru Calon Gubernur dan Wagub Provinsi Sulut sebulan jelang Pilgub 2020.

Petahana Olly Dondokambey – Steven Kandouw unggul 64,3 persen, diikuti Christiany Eugenia Paruntu – Sehan Salim Landjar (CEP-SSL) 22,3 persen dan Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Runtuwene 10.2 persen.

Sontak saja, warga pun langsung bertanya kenapa LSI tidak ikut merilis hasil survey calon Walikota Manado Andrei Angouw-Richard Sualang(AA-RS), selain satu Parpol PDIP Perjuangan, kota Manado adalah wilayah yang mutlak dimenangkan baik Pilgub dan Pilwako 2020.

Spekulasi pun beredar liar, kalau LSI belum bisa merilis AA-RS karena diduga kuat posisi paslon nomor urut 1 itu masih tertinggal jauh dengan paslon lain.

Tiba-tiba, lembaga survei Indonesian Observer, sebuah lembaga survei lokal Sulut yang diketahui didirikan Andre Mongdong menjawab desakkan terhadap LSI Network agar bisa keluarkan hasil survey AA-RS.

Tidak main-main hasilnya AA-RS melejit dengan 38.5 persen, disusul Mor Dominus Bastian – Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP) dengan 25,9 persen dan Julyeta Paulina Amelia Runtuwene – Harley Mangindaan (Paham) 18.2 persen serta Sonya Selviana Kembuan-Syarifudin Saafa (SSK-SS) 6,1 persen.

Kata Mongdong, survei ini dilakukan 19-22 Oktober 2020.

Menariknya, bocoran yang berhasil diterima wartawan akan hasil simulasi 4 pasang oleh Lembaga Survey Indonesia yang adalah lembaga survey yang terdaftar di KPU RI, ternyata AA-RS hanya mampu bercokol di urutan 3 dengan koleksi 24.5 persen. Sementara urutan kedua LSI mencatat MOR-HJP 30.8 persen, JPAR-AIM 39.5 persen dan SSK-SS 3.1, TT/TJ 2.1 persen.

Sebagai catatan hal sebagai peta elektoral Pilkada Kota Manado LSI medio 18-23 September 2020.

Yang terbaru, bocoran yang diperoleh hasil survey independent SMRC juga lembaga survey terdaftar di KPU RI, lagi memposisikan AA-RS di rengking 3 dengan 21%, diikuti SSK-SS 16%, sementara diposisi 2 adalah MORHJP 22 % dan posisi puncak PAHAM 29 %, Swing votter 12 %.

Sementara survey Roda Tiga Konsultan juga menempatkan AA-RS diposisi tiga dengan 21,1%, MOR-HJP 23,1%, dan SSK-SS 10,5% serya PAHAM 29.2%

Jika benar demikian, hanya satu lembaga survey lokal Sulut yang menempatkan AA-RS diposisi teratas, sementara ada tiga survey nasional memposisikan AA-RS di posisi tiga dari empat paslon yang mengikuti pesta demokrasi Pilkada serentak 2020 Kota Manado.

Dan juga perlu diingat, waktu tinggal sebulan hari yang artinya pergeseran tambah kurang persentasi hasil survey kemungkinan besar tidak terjadi signifikan. Seperti apa yang disebutkan LSI Network akan hasil survey untuk Pilgub Sulut akan sulit dikejar hingga 9 Desember 2020, kecuali ada stunami politik.(redaksi)

No More Posts Available.

No more pages to load.