Untuk Tomohon, JGE-VB Akan Kembangkan Community Based Tourism

oleh

Manadotempo, Tomohon-Peningkatan dan pengembangan pariwisata dengan mengembangkan community based tourism serta meningkatkan sarana dan prasarana pariwisata menjadi prioritas pembangunan pasangan calon (Paslon) Pilkada Tomohon 2020, Jilly Gabriella Eman-Virgie Baker (JGE-VB).

JGE yang adalah Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kota Tomohon menegaskan, prospek pariwisata ke depan sangat menjanjikan apalagi Kota Tomohon sudah dikenal turis mancanegara dengan potesi pariwisatanya.

“Community based tourism merupakan sebuah pembangunan berkelanjutan dengan merangkul komunitas sebagai pelaku utama melalui pemberdayaan masyarakat dalam berbagai kegiatan kepariwisataan,” jelas JGE.

Disatu sisi dikatakan JGE, sesuai data terakhir, kunjungan wisatawan domestik di kota Tomohon sebanyak 235 ribu wisatawan domestik dan 15 ribu wisatawan mancanegara, dengan proyeksi transaksi selama penyelenggaraan TIFF adalah sebanyak Rp18-20 miliar.

Disebutkan, 3 pangsa pasar negara yang berkunjung ke Sulawesi Utara dan khususnya di Tomohon diantaranya Tiongkok di posisi pertama, diikuti Jerman, Amerika Serikat, Singapura, dan Australia.

“Dampak nyata even TIFF adalah peningkatan kunjungan wisatawan di kota Tomohon yang terdata berjumlah 89.736 wisman pada 2017, naik 1,3% di tahun 2018 sebesar 90.907. Demikian juga untuk wisatawan domestik tahun 2017 terdatat 455.679 di tahun 2018 naik 1,8% menjadi 461.094 orang dan kunjungan wisman sebesar 92.260 wisatawan dan 499.120 wisdom pada rangkaian TIFF 2019.

Dengan demikian, industri pariwisata berkontribusi cukup signifikan terhadap perekonomian dan berpotensi untuk dikembangkan. Itulah kenapa saya dan VB sanga berharap peningkatan dan pengembangan pariwisata dengan mengembangkan community based tourism serta meningkatkan sarana dan prasarana pariwisata jadi program kami karena memang secara otomatis akan berdampak positif bagi masyarakat kota Tomohon,” ungkap JGE yang dikenal enerjik ini.

Lanjutnya, sektor pariwisata akan digenjot agar berkembang pesat dan menjadi kekuatan sosial dan ekonomi baru di kota Tomohon.

“Oleh karena itu pariwisata sebagai sektor yang sangat strategis akan menjadi prioritas dalam kebijakan pembangunan kami. Dewasa ini banyak studi menjelaskan secara signifikan betapa pariwisata dapat menjadi cara ampuh untuk pengembangan perekonomian khususnya di Tomohon. Banyak menempatkan pariwisata secara signifikan sebagai penyeimbang neraca pembayaran/sumber devisa, menciptakan lapangan pekerjaan, sumber investasi, menciptakan ekonomi eksternal,” pungkas JGE. (redaksi)

No More Posts Available.

No more pages to load.