Survey LSI, JPAR Calon Paling Dipercaya

oleh -58 Dilihat
oleh

Manadotempo, Manado-Calon Walikota Manado Julyeta Paula Amelia Runtuwene (JPAR) berpotensi terpilih di Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Dengan berbekal hasil survey Peta Elektoral Pilkada Kota Manado 2020, Lembaga Survey Indonesia (LSI), JPAR dianggap paling bisa dipercaya soal cara kepemimpinan calon.

Faktanya, JPAR yang berlatar belakang akademik mantan Rektor mendapat respon masyarakat kota Manado hingga JPAR 35,09 persen, di ikuti MOR 29.34 persen, dan AA 24,01 persen dan SONYA 1.85 persen, TT/TJ 9.68 persen.
Dengan posisi Pilwako Manado 2020 terdapat empat pasang calon dengan waktu tinggal sebulan, JPAR sudah masuk dalam kategori Matahari Tunggal artinya sulit terkejar.

Ditambah lagi JPAR memiliki pasangan Harley Mangindaan yang sebelumnya mendapat hasil survey tertinggi dari Roda Tiga Konsultan (RTK) sebagai calon Wakil Walikota Manado dengan 27,7 persen suara, disusul Ayub Ali Bugis (16.1 persen suara), HJP (9.7 persen suara), Syarifudin Saafa (6.2 persen suara), Richard Sualang (5,4 persen suara), Pricillia Waworuntu (3,1 persen suara), dan Rio AJ Dondokambey (1,8 persen suara), Rahasia (8.7 persen suara), dan tidak tahu/tidak menjawab (21,3 persen suara)
Kini, posisi pasangan Paula-Harley Manado (PAHAM) sudah jauh meninggalkan kandidat lainnya.

“Hasil survey tentunya menjadi modal untuk kami lebih giat bekerja, karena target kami adalah menang telak. Kalau hanya selisih 5 persen itu belum apa-apa. Kami inginkan selisih dengan kandidat lain adalah paling sedikit 15 sampai 20 persen persen dengan paslon urutan kedua lain. Dengan kemenangan telak itu baru kita terlihat bekerja,” tegas Harley Mangindaan diberbagai kesempatan.

Untuk diketahui, dalam berbagai simulasi jumlah kandidat, elektabilitas calon Walikota dan Wakil Walikota Manado jargon PAHAM selalu unggul signifikan, hingga kini telah ada sedikitnya 3 survey nasional dan terdaftar di KPU menempatkan PAHAM unggul.

Otomatis, dengan posisi calon yang seperti itu ada kemungkinan sulit untuk memunculkan calon lain yang mampu menandingi PAHAM. Sebenarnya tak ada yang aneh dengan elektabilitas PAHAM melesat jauh meninggalkan kandidat lain .

Karena, dalam simulasi pertanyaan tentang apakah publik ingin Walikota dan Wakil Walikota Manado dengan menyodorkan 4 pasang nama calon, mayoritas publik ingin dipemimpin PAHAM.(redaksi)

No More Posts Available.

No more pages to load.