Pemkot Tomohon Gelar Pelatihan Kewirausahaan bagi Para pemuda.

oleh

Manadotempo Tomohon

Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pemuda di Kota Tomohon yang dilaksankan pad Hari Senin 7 Desember 2020 bertempat di Rumah Dinas Walikota.

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE AK CA diwakili Asisten Umum Drs O D S Mandagi dalam sambutannya  mengatakan, Menurut UU Nomor 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan Dalam Bab 1 Padal 1 yang dimaksud Dengan Pemuda adalah Warga Negara Indonesia yang Memasuki Periode Penting Pertumbuhan dan Perkembangan

yang berusia 16 sampai 30 tahun. Kepemudaan adalah berbagai hal yang berkaitan dengan potensi, tanggung jawab, hak, karakter, aktualisasi diri, dan cita-cita pemuda.

Pembangunan kepemudaan bertujuan untuk mewujudkan pemuda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak mulia, sehat, cerdas. Kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab berdaya saing. Serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD Negar RI Tahun1945 dalam kerangka Negara Kesatuan RI.

Tujuan pembangunan kepemudaan tersebut dapat diwujudkan melalui peningkatan prestasi dan peran serta aktif pemuda dalam berbagai bidang pembangunan, baik dibidang ekonomi, Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Sosial Kemasyarakatan, Politik dan Budaya. Berbagai Kemajuan yang dicapai dibidang Pemuda, diantaranya adalah meningkatnya peran dan partisipasi pemuda diberbagai bidang pembangunan.

 

Fenomena pengangguran selain disebabkan karena tidak sinkronnya kualifikasi lulusan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja/usaha (link and match). Hal tersebut sekaligus menjelaskan masih rendahnya tingkat kewirausahaan yang dapat dihasilkan dari dunia pendidikan. Upaya pengembangan kewirausahaan khususnya diusia pemuda melalui kegiatan pelatihan harus terus digalakkan. Sebagai salah satu unsur penting dalam upaya menciptakan wirausaha muda yang tangguh.

 

Dan melihat kondisi sekarang ini di tengah PANDEMI COVID-19, maka pemuda Kota Tomohon dituntut untuk dapat melakukan terobosan-terobosan yang dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi upaya mengatasi masalah yang dihadapi.

Salah satu solusi yang dilakukan untuk menekan angka pengangguran ini  adalah dilakukan pelatihan-pelatihan ketrampilan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan  bagi pemuda dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah kita. Maka pemerintah kota tomohon melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Daerah Kota Tomohon  melaksanakan kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi pemuda Tahun 2020.

 

Tampak hadir para narasumber Ibu Shynta Dewi Diana SH, Bapak Toar Pangkey ST MT, jajaran pemerintah Kota Tomohon dan hadirin undangan (redaksi)

No More Posts Available.

No more pages to load.