Kemensos Gelorakan Semangat Kesetiakawanan Melalui Bakti Sosial

oleh -8 Dilihat
oleh

Manadotempo Tomohon.

Kementerian Sosial mendorong terwujudnya partisipasi dan kepedulian dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Memperkuat ikatan sosial untuk bangkit bersatu menangani dampak pandemi Covid-19 melalui gerakan Kesetiakawanan Sosial.

Gelaran Bulan Bakti Kesetiakawanan Sosial (BBKS) 2020 salurkan bantuan sembako, APD, alat bantu disabilitas, perlengkapan Sekolah, serta alat rapid test. Kegiatan BBKS merupakan gerakan massive dengan menggalang aksi mitra-mitra Kesetiakawanan Sosial. Kali ini, agenda bakti sosial BBKS diselenggarakan di 15 Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Utara.

Bertempat di Anugerah Hall Kelurahan Paslaten Satu Kecamatan Tomohon Timur, mewakili Menteri Sosial Ad Interim Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto menyerahkan secara simbolis beberapa bantuan bagi masyarakat.

“HKSN ini merupakan momentum yang tepat sama-sama untuk membangkitkan inti pesan dari HKSN, yaitu meningkatkan solidaritas sosial dan kegotongroyongan di antara seluruh lapisan masyarakat. Total bantuan yang diberikan lebih dari 6 milyar. Ini merupakan wujud negara itu hadir di tengah masyarakat ditengah pandemi covid19,” jelas Edi Suharto.

Lebih lanjut, Edi Suharto menjelaskan bahwa penanganan covid-19 ini memerlukan persatuan, kesatuan, gotong royong, kebersamaan, di antara elemen masyarakat. Khusus pemberdayan sosial, didalamnya terdapat peran Dunia Usaha dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS). Serta keterlibatan pilar-pilar sosial di tengah masyarakat seperti : karang taruna, pekerja sosial masyarakat, dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Usai acara simbolis, Edi Suharto melakukan peninjauan salah satu tempat pelaksanaan rapid tes di kantor Kelurahan Paslaten Satu.

Dalam BBKS ini diberikan beberapa bantuan antara lain :
1. Alat rapid test Covid-19 sebanyak 10.000 alat, senilai Rp. 600.000.000,-
2. Paket sembako sebanyak 1.000 dan Peralatan sekolah sebanyak 250 paket senilai Rp. 150.000.000,-
3. Kacamata baca sebanyak 1.000 buah
4. Alat bantu dengar sebanyak 30 buah
5. Faceshield sebanyak 300 buah
6. Masker kain 5.000 buah

Semangat kebersamaan dalam momentum BBKS 2020 ini memiliki nilai strategis untuk menanamkan nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang perlu diwariskan pada generasi berikutnya. (Cim)

No More Posts Available.

No more pages to load.